PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGENALAN LITERASI AWAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Wiwik Haryani
  • Fachrul Rozie Universitas Mulawarman
  • Nurus Saelawati

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v1i2.1844

Keywords:

Pola Asuh, Literasi Awal, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pola asuh orang tua dalam pengenalan literasi awal anak usia pada anak usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid 19 di RT 57 Kelurahan Air Putih Samarinda. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 ) Pola asuh yang diterapkan oleh orangtua ialah pola asuh otoritatif dimana anak diberi kebebasan dalam belajar, orangtua hanya memberikan dorongan motivasi dan arahan yang sesuai. Pola asuh otoritatif mendorong anak untuk mandiri namun masih menerapkan batas dan kendali pada tindakan mereka. Tindakan verbal memberi dan menerima dimungkinkan, dan orang tua bersikap hangat dan penyayang terhadap anak, 2) hambatan yang dihadapi orangtua yaitu ketika anak mulai merasa bosan. Anak merasa kesulitan untuk mengontrol emosi, sehingga dalam melatih membaca dan menulis (literasi) orangtua harus memperhatikan emosi terlebih dahulu. Implikasi penelitian ini sebagai kajian untuk orangtua dalam memahami pengasuhan yang mendukung kemampuan literasi awal anak di rumah.

Kata Kunci: Pola Asuh, Literasi Awal, Anak Usia 5-6 Tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A, S. 2011. Pola Asuh Orang tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Garut : Jurnal Pendidikan Universitas Garut

Bibi, F; Chaudhry, Abid G; Awan, Erum A; Tariq, Bushra. 2013. Contribution of Perenting Style in Life Domain of Children. Pakistan, Hazara University: Jurnal Of Humanities and Social Science.

Ermayulis, Syafni. 2020.”Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19”,https://www.stit- alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/, diakses pada 02 Januari pukul 15.12.

Abadi,Guru.2016. Literasi Awal untuk Anak. http://guruabadduasatu.blogspot.com/2016/10/literasi-awal-untuk-anak.html. Diakses pada tanggal 3 Mei 2021 Pukul 11.23

Fitriyani, Nur Rohmi.2017. Teknik Stimulasi Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah oleh Ibu dari Rumah. Naskah Publikasi. http://eprints.ums.ac.id/42049/4/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf diakses 3 April 2021

Hasan, Maimunnah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogyakarta : Pustaka Belajar

Hapsari,Widyaning,Lisnawati Ruhena, Wiwin Dinar Pratisi.2017.Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi. Vol.44No.3Hal 177-184. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/16929 diakses tanggal 3 Mei 2021Pukul 12.34

Hidayah, B, N. 2017. Pola Asuh Orang tua Dalm Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Dukuh Branglor Mancasan Baki Sukoharjo Tahun 2017. IAIN Surakarta. Skripsi

Karnawati, & Mardiharto.2020. Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19; Kendala,Solusi Proyeksi. Jurnal STT Simpson,13-24 doi: 10.46445/djce.vlil.291.

Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Peningkatan Guru TK. Jakarta : Kemendikbud

Maharani, Tsarina.(25-07-2020). Diambil kembali dari https://nasional.kompas.com/read/2020/07/25/16133061/update-25-juli-kini-ada-54752-kasus-suspek-covid-19

Machmud, hadi. 2012. Pengaruh Pola Asuh dan Tipe Kepribadian Terhadap Ketrampilan Sosial Anak. Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 6 no.1:45-45

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya

Moleong, J Lexy.2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

Novan Ardy Wiyani. 2016. Membuat anak senang membaca. Bandung : Mizan Pustaka

Nugraha, Ali. 2008. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta :Kencana

Nusa Putra dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: RajaGrafindo Persada (PERMEN Nomor 137 Tahun 2014)

Pradipta, Galuh Amithiya. 2011. Keterlibatan Orang tua Dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini Pada Anak Usia PAUD.hal 1-28. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-lnbd9d5ce3752full.pdf

Primayana, Kadek Hengki, Putu Yulia Angga Dewi, I Gede Dharman Gunawan.2020. Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak.Jurnal Pendidikan Anak Usia dini.Vol:1.No:2Hal.1-10 http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/929/799.

Robert, K. Yin. 2013. Case Study Research : deseign and methods (terjemahan M. Djauzi Mudzakir). Jakarta : Grafindo Persada

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : Bumi Aksara

Sri, Lestari .2013.”Psikologi Keluarga”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Syamsu Yusuf LN, & Nani M. Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik,

Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2023-01-22 — Updated on 2020-01-22

Versions

How to Cite

Haryani, W., Rozie, F., & Saelawati, N. (2020). PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGENALAN LITERASI AWAL DI MASA PANDEMI COVID-19 . Early Childhood Journal, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.30872/ecj.v1i2.1844 (Original work published January 22, 2023)

Issue

Section

Articles