Menjelajahi Pengalaman dalam Mengevaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Kelas Inklusif

Authors

  • Rizal Ardiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Januar Inggar Yadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Fadli Suardhana Eka Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Achmad Maulana Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.30872/bpej.v6i1.5128

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Kelas Inklusi, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan yang dihadapi oleh guru saat mengevaluasi pendidikan jasmani di kelas inklusif. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatakan kualitatif melalui desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara mendalam dengan guru pendidikan jasmani yang bekerja di lingkungan pendidikan inklusif. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa mayoritas guru belum memiliki kompetensi dan kesiapan yang memadai dalam melakukan evaluasi yang adil dan inklusif. Kendala utama meliputi pengalaman langsung yang terbatas dengan peserta didik berkebutuhan khusus selama masa perkuliahan, kurangnya pelatihan profesional, serta ketiadaan pedoman evaluasi khusus. Guru juga sering kali mengandalkan metode evaluasi konvensional yang tidak memperhitungkan berbagai kemampuan peserta didik mereka. Selain itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum sepenuhnya disesuaikan secara memadai untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, R., & Setiawan, C. (2023). Physical Education Teachers’ Reflection about their Learning in Post-Pandemic Era: A Mixed-Method Study. International Journal of Social Science Research and Review, 6(6). https://doi.org/10.47814/ijssrr.v6i6.1363

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8). https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Campos, M. J., Ferreira, J. P., & Block, M. E. (2015). Exploring Teachers’ Voices about Inclusion in Physical Education: A Qualitative Analysis with Young Elementary and Middle School Teachers. Comprehensive Psychology, 4. https://doi.org/10.2466/10.it.4.5

Creswell, J. W. (2020). Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih di Antara Lima Pendekatan. In Mycological Research.

Galevska, N. A., & Pesic, M. I. (2018). Assessing Children With Special Educational Needs in the Inclusive Classrooms. Lodging the Theory in Social Practice, November.

Jowsey, T., Deng, C., & Weller, J. (2021). General-purpose thematic analysis: a useful qualitative method for anaesthesia research. In BJA Education (Vol. 21, Issue 12). https://doi.org/10.1016/j.bjae.2021.07.006

Lytle, R. K. (2016). A Teacher’s Guide to Including Students with Disabilities in General Physical Education 3rd Edition. Adapted Physical Activity Quarterly, 26(3). https://doi.org/10.1123/apaq.26.3.290

Miatto, E., & Maulini, C. (2024). Verso un’educazione fisica inclusiva: uno studio qualitativo sulle pratiche didattiche e le sfide nelle scuole italiane. Edaforum.It, 21(2012), 299–311. http://edaforum.it/ojs/index.php/LLL/article/view/855

Moon, M. D. (2019). Triangulation: A Method to Increase Validity, Reliability, and Legitimation in Clinical Research. Journal of Emergency Nursing, 45(1). https://doi.org/10.1016/j.jen.2018.11.004

Neville, R. D., Makopoulou, K., & Hopkins, W. G. (2020). Effect of an Inclusive Physical Education (IPE) Training Workshop on Trainee Teachers’ Self-Efficacy. Research Quarterly for Exercise and Sport, 91(1). https://doi.org/10.1080/02701367.2019.1650877

Reina, R., Ferriz, R., & Roldan, A. (2019). Validation of a Physical Education Teachers’ Self-Efficacy Instrument Toward Inclusion of Students With Disabilities. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02169

Rusdin, R., Salahudin, S., Rudiansyah, E., Saputra, R., & Furkan, F. (2023). PERAN KEPEMIMPINAN DALAM OLAH RAGA UNTUK MEMBANGUN NILAI KARAKTER BANGSA. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(2). https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i2.1299

Torres, A. S., Brett, J., Cox, J., & Greller, S. (2018). Competency Education Implementation: Examining the Influence of Contextual Forces in Three New Hampshire Secondary Schools. AERA Open, 4(2). https://doi.org/10.1177/2332858418782883

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

[1]
Rizal Ardiansyah, J. I. . Yadi, F. S. . Eka Putra, and A. . Maulana, “Menjelajahi Pengalaman dalam Mengevaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Kelas Inklusif”, Borneo.phy.ed., vol. 6, no. 1, pp. 10–17, Jun. 2025.