Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi
DOI:
https://doi.org/10.30872/bcsj.v4i1.718Keywords:
intac group comparison, kimia, POGILAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain intact group comparison. Penelitian dilaksankan di SMK Negeri 6 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sampel adalah 2 (dua) kelompok siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Satu kelas siswa diajar dengan model pembelajaran POGIL dan satu kelas siswa yang lain diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Adanya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran POGIL (71,71) berbeda signifikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (66,46). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi.
Downloads
References
Hanson, D. M. (2005). Designing process oriented guided-inquiry activity. Pacific Crest.
Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented-guided-inquiry learning. Pacific Crest.
Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran kimia berbasis multiple repsentasi ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar laju reaksi siswa SMA N 1 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38-43. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1151.
Lestari, D. P. S., Sulastri, M., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh model POGIL dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7011.
Maulidiawati & Soeprodjo. (2014). Keaktifan pembelajaran kooperatif dengan process oriented guided inquiry learning pada hasil belajar. Chemistry in Education, 3(2), 163-169.
Ningsih, S. M., Bambang S., & A. Sopyan. (2012). Implementasi model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 44-52. https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1364.
Pramudjono. (2008). Statistik dasar. FKIP Universitas Mulawarman.
Prathama, I. W. G. O., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10677.
Rahayu, D. P. & Pamelasari, S.D. (2015). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan benda. Unnes Science Educational Journal, 4(3), 936-944. https://doi.org/10.15294/USEJ.V4I3.8836.
Sari, D. Y., Widiyowati, I. I., & Kusumawardani, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 33-35. https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.445.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work