Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi

Authors

  • Tamara Claudya Susanti Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Abdul Majid Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/bcsj.v4i1.718

Keywords:

intac group comparison, kimia, POGIL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada pokok bahasan laju reaksi.  Penelitian ini menggunakan desain intact group comparison. Penelitian dilaksankan di SMK Negeri 6 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sampel adalah 2 (dua) kelompok siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Satu kelas siswa diajar dengan model pembelajaran POGIL dan satu kelas siswa yang lain diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Adanya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran POGIL (71,71) berbeda signifikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (66,46). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanson, D. M. (2005). Designing process oriented guided-inquiry activity. Pacific Crest.

Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented-guided-inquiry learning. Pacific Crest.

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran kimia berbasis multiple repsentasi ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar laju reaksi siswa SMA N 1 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38-43. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1151.

Lestari, D. P. S., Sulastri, M., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh model POGIL dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7011.

Maulidiawati & Soeprodjo. (2014). Keaktifan pembelajaran kooperatif dengan process oriented guided inquiry learning pada hasil belajar. Chemistry in Education, 3(2), 163-169.

Ningsih, S. M., Bambang S., & A. Sopyan. (2012). Implementasi model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 44-52. https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1364.

Pramudjono. (2008). Statistik dasar. FKIP Universitas Mulawarman.

Prathama, I. W. G. O., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10677.

Rahayu, D. P. & Pamelasari, S.D. (2015). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan benda. Unnes Science Educational Journal, 4(3), 936-944. https://doi.org/10.15294/USEJ.V4I3.8836.

Sari, D. Y., Widiyowati, I. I., & Kusumawardani, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 33-35. https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.445.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Susanti, T. C., Kusumawardani, R., & Majid, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi. Bivalen: Chemical Studies Journal, 4(1), 01–04. https://doi.org/10.30872/bcsj.v4i1.718

Issue

Section

Articles