Analisis kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan berdasarkan indikator taksonomi SOLO yang diajar dengan model problem based instruction

Authors

  • Pitriani Pitriani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/bcsj.v2i2.311

Keywords:

kemampuan kognitif, indikator taksonomi SOLO, PBI, larutan penyangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan berdasarkan indikator taksonomi structure of observed learning outcomes (SOLO) yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Samarinda.  Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas XI IPA 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa soal post-test dan ulangan harian berbentuk essai sebanyak 5 soal yang memuat indikator taksonomi SOLO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan kognitif yang baik pada indikator prastruktural dengan nilai rata-rata 84,36; pada indikator unistruktural memiliki nilai rata-rata 85,15 dengan kategori sangat baik; pada indikator multistruktural memiliki nilai rata-rata 91,28 dengan kategori sangat baik; pada indikator relasional memiliki nilai rata-rata 84,11 dengan kategori baik dan indikator abstrak diperluas memiliki nilai rata-rata 75,75 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa, secara keseluruhan kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan berdasarkan indikator taksonomi SOLO dengan menggunakan model pembelajaran PBI pada pokok bahasan larutan penyangga termasuk dalam kategori baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Pitriani, P., Intan Widiyowati, I. ., & Usman, U. (2019). Analisis kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan berdasarkan indikator taksonomi SOLO yang diajar dengan model problem based instruction. Bivalen: Chemical Studies Journal, 2(2), 24–29. https://doi.org/10.30872/bcsj.v2i2.311

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2