Analisis Langkah Kecil, Berdampak Besar Melalui 7 Kebiasaan Anak Hebat Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/jibs.v11i1.5090Keywords:
pendidikan karakter 7 kebiasaan anak, Disiplin PembiasaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam pembentukan karakter disiplin siswa di sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 25 dokumen ilmiah terbitan tahun 2021–2025 yang relevan dengan topik pendidikan karakter anak, pembiasaan perilaku positif, serta peran guru dan orang tua. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebiasaan bangun pagi dan tidur tepat waktu merupakan aspek yang paling sulit diterapkan oleh anak, sedangkan kebiasaan berolahraga cenderung lebih mudah dilakukan karena terintegrasi dengan aktivitas sekolah. Penelitian juga menemukan keterkaitan antara pembiasaan beribadah dengan peningkatan disiplin waktu anak. Keberhasilan implementasi program ini dipengaruhi oleh sinergi antara peran guru, orang tua, dan lingkungan sosial anak yang mendukung pembiasaan positif secara berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan karakter disiplin anak membutuhkan strategi terintegrasi yang melibatkan aspek fisik, psikis, sosial, dan spiritual secara konsisten di lingkungan sekolah dan keluarga.
Downloads
References
Anwar. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education). https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605
Ferdianti. (2021). Literature Review: Hubungan Aktivitas Fisik dan Kebiasaan Konsumsi Fast Food dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.2.139-143_______________________
Hasanah. (2025). Penguatan Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Journal of Human And Education.
Kementrian Pendidikan. (2024). Panduan Penerapan Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Guru dan Satuan Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan.
Lally, P., & Gardner, B. (2013). Promoting habit formation. In Health Psychology Review. https://doi.org/10.1080/17437199.2011.603640
Lisnasari. (2025). SOSIALISASI 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT. JURNAL ADAM : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. https://doi.org/10.37081/adam.v4i1.2883
Rosyida. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605
Setiardi. (2017). KELUARGA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK. Tarbawi.
Zulfikri. (2025). Sosialisasi 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Dan Senam Anak Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar Gajah Mada Medan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Pedoman Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Twinkl. (2025). Jurnal 30 hari 7 kebiasaan anak Indonesia hebat. Jakarta: Twinkl Education Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Amelia Berlianti, Fuat, Ani Afifah, Choirun Nisa'

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









