Telaah Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Bahasa Indonesia Semester Ganjil MTs Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.30872/adjektiva.v7i2.2910Keywords:
Soal HOTS, Kualitas Soal PAS, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas soal Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Boyolali dari segitingkatan ranah kognitif berdasarkan KKO (Kata Kerja Operasional) pada taksonomi bloom edisi revisi atau pengembangan soal HOTS dan kesesuaian soal dengan materi, kontruksi, dan kebahasaan. Subjek penelitian ini berupa 35 soal pilihan ganda dan objeknya berupa kualitas butir soal. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif karena mendeskripsikan suatu objek/subjek penelitian dengan menggunakan instrumen metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelas pertanyaan memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dari jumlah tersebut, tiga belas pertanyaan berada pada tingkat menganalisis (C4), dua pertanyaan pada tingkat mengevaluasi (C5), dan tidak ada pertanyaan pada tingkat mencipta (C6). Sementara itu, dari 31 pertanyaan yang tidak memenuhi kriteria HOTS atau masuk dalam kriteria Lower Order Thinking Skills (LOTS), delapan pertanyaan berada pada tingkat mengingat (C1), dua belas pertanyaan pada tingkat memahami (C2), dan enam belas pertanyaan pada tingkat menerapkan (C3). Setelah dihitung presentase, terdapat 18% pertanyaan yang memenuhi kriteria pengembangan HOTS, sedangkan 82% masuk dalam kriteria LOTS.
Downloads
References
Herdiansyah, Haris. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Himawan, R., & Nurgiyantoro, B. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 160-180.
Keduru, F. E., Jama, K. B., Djokaho, M. P. E., Margareta, K. M., & Dalimunthe, S. F. (2022). Analisis Soal UTS Pelajaran Bahasa Indonesia SMPN 6 Kupang Tengah Kelas VII A Tahun 2020/2021. Kode: Jurnal Bahasa, 11(1).
Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.
Ocktalia, L., Hermoyo, R. P., & Affandy, A. N. (2022). Analisis Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas IX Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MTs Manbaul Ulum Bondowoso. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(3), 89-100.
Setiawan, M. A., Susongko, P., & Hayati, M. N. (2020). Pendeteksian DIF pada Perangkat Tes Objektif Penilaian Akhir Semester IPA dengan Mengunakan Permodelan Rasch. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 23–29.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Wirandani, T., Kasih, A. C., & Latifah, L. (2019). Analisis butir soal HOTS (high order thinking skill) pada soal ujian sekolah kelas XII mata pelajaran bahasa indonesia di SMK An-Nahl. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 485-494.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Misbahul Fatta Muhammad, Ahmad Sidqon Muafi, Ega Fernanda, Defri Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.