Strategi Asesmen Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka di SMP

Main Article Content

Ibni Wiryateja
Restiana Dwi Hartati

Abstract

Strategi pelaksanaan asesmen dalam Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum yang baru saja diterapkan memiliki implikasi pada strategi guru dalam melaksanakan asesmen dalam pembelajaran. Penelitian sebelumnya secara menyatakan bahwa asesmen Kurikulum Merdeka masih belum sesuai dengan ideal. Pengalaman dan referensi guru dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan asesmen masih terbatas. Beranjak dari keterbatasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan dalam penerapan asesmen pada Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dan sumber data terdiri dari peristiwa, informan, analisis dokumen, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data menggunakan jenis interactive model analysis. Temuan (1) Perencanaan asesmen berupa penyusunan modul ajar dan perangkat asesmen. (2) Pelaksanaan asesmen meliputi asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. (3) Hambatan berupa sumber, pengalaman, dan alokasi waktu yang terbatas. Penanganan dilakukan dengan diskusi internal maupun eksternal antar guru sehingga mampu memberikan perspektif lain mengenai pelaksanaan asesmen yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiryateja, I., & Hartati, R. D. (2023). Strategi Asesmen Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka di SMP. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 6(2), 79-85. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i2.2684
Section
Articles

References

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Indriyati Herutami, Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran Dan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah. In L. Yuniarsih, M. Chatarina, N. Kadariyah, & S. Matakupan (Eds.), Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (1st Ed.). Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.
Bennett, R. E. (2011). Formative Assessment: A Critical Review. Assessment In Education: Principles, Policy And Practice, 18(1), 5–25. Https://Doi.Org/ 10. 1080/0969594X.2010.513678
Csapó, B., & Molnár, G. (2019). Online Diagnostic Assessment In Support Of Personalized Teaching And Learning: The Edia System. Frontiers In Psychology, 10(JULY), 1–14. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2019.01522
Dixson, D. D., & Worrell, F. C. (2016). Formative And Summative Assessment In The Classroom. Theory Into Practice, 55(2), 153–159. Https://Doi.Org/ 10.1080 /00405841.2016.1148989
Dwi Damayanti, A., Nidaul Jannah, A., & Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 41–48. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/ SAMASTA/Article / View / 41-48
Etikan, I. (2016). Comparison Of Convenience Sampling And Purposive Sampling. American Journal Of Theoretical And Applied Statistics, 5(1), 1. Https://Doi.Org /10.11648/J.Ajtas.20160501.11
Kibble, J. D. (2017b). Best Practices In Summative Assessment. Advances In Physiology Education, 41(1), 110–119. Https://Doi.Org/10.1152 /Advan. 00116 .2016
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175–1182. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/887
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. Https://Doi.Org /10.22460/Q.V1i1p1-10.497
Prideaux, D. (2003). Curriculum Design. Bmj, 326(7383), 268. Https://Doi.Org/ 10.1136/ Bmj.326.7383.268
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya Oleh. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/1104/1/Studi-Kasus-Dalam-Penelitian-Kualitatif.Pdf
Sayifuddin, H. W. S. (2016). Tingkat Kesiapan Guru Dalam Sistem Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Produktif Dengan Kurukulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik, 2(3), 248–255.
Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., S, A. P., Lingga, L. J., & Wijoyo, H. (2023). Assessment In The Merdeka Curriculum: How Are The Teachers’ Perspectives On It? Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202. https://doi.org/10.33578/pjr.v7i1.9127
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al Miskawaih, 1(1). https://doi.org/https ://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Suwandi, S. (2017). Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran (M. Rohmadi, Ed.; 1st ed.). Yuma Pustaka.
Wilson, M. (2018). Making Measurement Important for Education: The Crucial Role of Classroom Assessment (Vol. 37, Issue 1). https://doi.org/https: //doi.org/1 0.1111/emip.12188