Analisis Bentuk dan Makna Kata Berafiks yang Berkategori Verbal pada Bahasa Berau

Main Article Content

Hikmah Nur Zahara
Tri Indrahastuti
Kukuh Elyana

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis bentuk dan makna kata berafiks yang berkategori verbal pada bahasa Berau, alasan pengambilan objek bahasa Berau karena bahasa Berau merupakan salah satu bahasa yang memiliki jumlah pemakaian yang cukup banyak. Selain itu bahasa Berau merupakan salah satu bahasa daerah asli Kalimantan Timur yang perlu diteliti dan dikembangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses melekatnya afiks serta menemukan afiks pembentuk kata kerja bahasa Berau dan mengetahui kemungkinan-kemungkinan atau perubahan yang terjadi akibat afiksasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode padan dan metode agih. Adapun data yang digunakan yaitu bahasa Berau. hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan dengan menggunakan metode formal berupa kaidah-kaidah atau lambang fonemis. Dari penelitian ini yang dilakukan di lokasi yaitu di Tanjung Redeb, Berau diperoleh bahwa bahasa Bajau memiliki morfem terikat. Hasil penelitian dari analisis data adalah  bahwa  dalam  bahasa  Berau  tidak  ditemukannya  jenis  afiks  infiks.  Jenis  afiks  prefiks  pada  bahasa  Berau  berbeda  dengan  kaidah  prefiks  bahasa Indonesia  pada  umumnya, jenis  afiks  sufiks  pada  bahasa  Berau  sama  seperti kaidah  bahasa  Indonesia  pada  umumnya,  dan  jenis  afiks  konfiks  pada  bahasa  Berau  sama  seperti kaidah  bahasa  Indonesia  pada  umumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zahara, H. N., Indrahastuti, T., & Elyana, K. (2023). Analisis Bentuk dan Makna Kata Berafiks yang Berkategori Verbal pada Bahasa Berau. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 6(1), 34-45. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i1.2113
Section
Articles

References

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Darsana, I. N. (2016). Proses Morfofonemik Bahasa Bali Kajian Generatif. Laporan Hasil Penelitian Universitas Udayana, Denpasar.
Dewi, W. W. R. (2018). Morfologi Bahasa Indonesia. Klaten. PT Intan Pariwara.
Diari, K. P. Y. (2019). Proses Morfologis Istilah-Istilah Dalam Tajen. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(2), 85-90.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing
Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hasibuan, E. P. R. (2020). Analisis Bentuk dan Makna Kata Berafiks Berkategorikan Verbal di Pesan Singkat Whatsapp. Akrab Juara, 5(1), 43–54.
Husnul, I. C. S., Gultom, I. A., Hermalia, P., & Barus, F. L. (2021). Makna Gramatikal dan Leksikal Ungkapan Bahasa Batak Simalungun Pada Upacara Adat Pernikahan. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2).
Koni, E. (2020). Afiksasi Bahasa Dayak Dialek Rara Dusun Piju Desa Seluas Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 9(4).
Manggalatung, M. (2020). BUKU; Revitalisasi bahasa daerah yang berpotensi punah (Studi kasus bahasa Sepa di Amahai Maluku Tengah).
Mulyati, S. (2021). Morfologis Analisis Dalam Puisi Embun Di Hutan Jati Karya Candra Malik. Wanastra, 13(2), 155-160.
Mulyono, I. (2013). Ilmu Bahasa Indonesia Morfologi : Teori dan Sejumput Problematik Terapannya. Bandung: CV. Yrama Widya
Murply. (2013). Kaidah morfologi bahasa Indonesia. Jakarta: CV. Yrama Widya
Nasution, S. S. H. (2017). Proses Morfofonemik Dalam Bahasa Jepang. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 14(2), 259-266.
Onainor, E. R. (2021). Mengikisnya Penggunaan Bahasa Daerah Beser Sebagai Alat Komunikasi dikalangan Remaja Distrik Meos Mansard Kabupaten Raja Ampat.1, 105–112.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Rahmawati, N., & Nurhamidah, D. (2018). Makna Leksikal dan Gramatikal Pada Judul Berita Surat Kabar Pos Kota (Kajian Semantik). Jurnal Sasindo UNPAM, 6(1), 39-54.
Saenal. (2019). Tinjauan Bentuk dan Makna Kata Berafiks yang Berkategori Verba dalam Artikel Koran Harian Fajar. Jurnal Bahasa Universitas Muhammadiyah Makassar, 1–66.
Sahril, S. (2018). Proses Perubahan Fonem Dalam Teks Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kajian Morfofonemik (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Syahrul, R. (2017). Buku Ajar Metodologi Peneletian Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Siregar, I. (2020). Monograf Morfologi. Jurnal Sasindo UNPAM 1–61.
Supriyani, D., Baehaqie, I., & Mulyono. (2019). Istilah-Istilah Sesaji Ritual Jamasan Kereta Kanjeng Nyai Jimat Di Museum Kereta Keraton Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 6–11.
Susi, A. (2021). Analisis Bentuk Dan Makna Kata Berafiks Yang Berkategori Verba Pada Koran Lombok Post Edisi Desember 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).