Analisis Novel Janji Karya Tere Liye Dalam Kajian Strukturalisme Robert Stanton

Main Article Content

Misbahul Fatta Muhammad
Ika Martanti Mulyawati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kajian strukturalisme Robert Stanton dalam novel Janji karya Tere Liye adalah tema, fakta-fakta cerita (alur, karakter, dan latar), sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan metode teknik pustaka, simak dan catat. Hasil dari penelitian ini yaitu Tema dalam novel Janji karya Tere Liye ada dua, yakni persahabatan dan perjalanan untuk menemukan pelajaran hidup sehingga membuat suatu cerita lebih menyatu dan relevan dengan setiap rangkaian peristiwa sebelumnya. Fakta-fakta cerita dalam novel Janji merupakan fakta yang berdasarkan kisah nyata dan dapat dibuktikan kebenarannya dari segi alur, karakter, dan latar sehingga terbentuk suatu unsur yang terstruktur dan faktual dalam kehidupan. Sarana-sarana sastra dalam novel Janji menjadikan suatu karya sastra dapat dinikmati oleh pembaca dan mempunyai nilai estetika dengan adanya judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi sebagai ciri khas dari novel Janji hasil karya Tere Liye.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhammad, M. F., & Ika Martanti Mulyawati. (2023). Analisis Novel Janji Karya Tere Liye Dalam Kajian Strukturalisme Robert Stanton. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 6(2), 66-78. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i2.2107
Section
Articles

References

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS. Center for Academic Publishing Service.
Liye, T. (2022). Janji. Depok, Jawa Barat: PT Sabak Grip Nusantara.
Lubis, F. W. (2018). Analisis Diskriminasi Pada Novel Amelia Karya Tere-Liye. Journal of science and social research,, 1(1), 53-59.
Meliuna, T., Surastina, & Wicaksono, A. (2022). KAJIAN UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1-14.
Nasution, N. Y., & Sudarti, N. (2020). ANALISIS NOVEL HAYYA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN BENNY ARNAS DALAM KAJIAN STRUKTURALISME ROBERT STANTON. Jurnal Komunitas Bahsasa, 55-56.
Nengsih, R. A. (2018). UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL GITNJALI KARYA FEBRIALDI R BERDASARKAN TEORI STRUKTURAL ROBERT STANTON. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
NUrgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
RIska, A. R. (2018). Riska, A. R. (2020). Analisis Unsur Intrinsik Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere-Liye. . Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 515-522.
Sapwan, P. I., Sulistyowati, E. D., & Purwanti. (2022). SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE PADA KUMPULAN CERPEN KAYU NAGA KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1506-1514.
Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.