Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Belajar Peserta Didik
Keywords:
Problem Based Learning, Partisipasi Aktif, Pembelajaran Inovatif, Keaktifan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di kelas V SDN 008 Samarinda Kota. Hasil temuan menunjukkan bahwa sebelum penerapan PBL, peserta didik cenderung pasif, kurang percaya diri, dan enggan mengemukakan pendapat. Melalui serangkaian strategi pembelajaran yang berbasis masalah, penggunaan media visual, diskusi kelompok, dan permainan interaktif, terjadi peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa. Peserta didik menjadi lebih percaya diri, kolaboratif, dan berani menyampaikan pendapat. Interaksi antarsiswa dan pemahaman materi juga menunjukkan perbaikan. Penelitian ini menegaskan bahwa model PBL efektif digunakan untuk membangkitkan motivasi belajar dan mengembangkan partisipasi aktif peserta didik di sekolah dasar.
Downloads
References
Aisah, N. (2022). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran aktif. Jurnal Pendidikan Inovatif, 14(2), 115–124.
Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom.
ERIC Clearinghouse on Higher Education.
Hidayati, N., Mulyawati, T., & Santa, R. (2023). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 45–53.
Mahardhika, D. (2023). Motivasi belajar siswa dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 22–34.
Palupi, S. (2020). Model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 102–110.
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Grossman Publishers.
Priyanti, A. (2023). Efektivitas model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 78–88.
Puspita, A., Surur, A., & Nadiyaah, R. (2023). Hubungan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(3), 131–140.
Raharjo, A. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dan peran guru sebagai fasilitator. Jurnal Pendidikan Kontekstual, 9(2), 55–62.
Rahmawati, N., & Damayanti, A. (2024). Problem Based Learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 1–10.
Safrida, R., & Kistian, A. (2020). Penerapan PBL dalam pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 40–48.
Soraya, L. (2020). Pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 85–92.
Suwindo, B., & Binggo, R. (2023). Perkembangan pendidikan dalam era digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 12(1), 99–108.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












