Penerapan Media Quizizz Sebagai Alat Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda
Keywords:
Quizizz, Penilaian, Keterlibatan Siswa, Bahasa Indonesia, Media DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Quizizz sebagai alat penilaian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda. Penilaian yang dilakukan guru masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penulis menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan penilaian menggunakan Quizizz. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Quizizz dapat meningkatkan motivasi siswa, keterlibatan dalam evaluasi, dan memudahkan guru dalam merekap hasil belajar secara otomatis. Quizizz juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kompetitif bagi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti Quizizz dapat menjadi alternatif penilaian yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini.
Downloads
References
Chairunnisa, A. A. M. (2024). Revolusi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Dampak Perkembangan Teknologi Informasi. Pusaka: Journal of Educational Review,.
Johny, M. M. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1332
M. Andra Aditiyawarman WD, Meini Sondang, Lilik Hanifah, L. D. K. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 7.
Marpaung, S. (2021). Pemanfaatan Quizizz sebagai media penilaian pembelajaran Bahasa Inggris [Utilization of Quizizz as English learning assessment media]. Jurnal Global Edukasi, 5(1), 43–48. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE
Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif: Manual Atau dengan Aplikasi? Develop, 6(1), 33–46. https://doi.org/10.25139/dev.v6i2.4389
Safitri, A. N., Purwo, A., Utomo, Y., Najihah, M., Yanitama, A., Wulandari, E., & Wahyuni, A. (2024). Penerapan Media Quizizz sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Teks Artikel di Kelas XII SMA Negeri 1 Semarang Universitas Negeri Semarang , Indonesia Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan tinggi memegang peranan yang berkelanjutan serta un. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(4), 13–22.
Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738–2746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Julia Ika Pratiwi, Bibit Suhatmady, Sri Hadijati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












