Implementasi Media Pembelajaran Team Games Tournament Guna Memfokuskan Peserta Didik Dalam Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Samarinda
Keywords:
Diskusi Kelompok, Fokus Belajar, Pembelajaran Ekonomi, team Games TournamentAbstract
Rendahnya fokus dan keterlibatan peserta didik dalam diskusi kelompok menjadi salah satu tantangan utama dalam proses pembelajaran Ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 1 Samarinda. Aktivitas diskusi yang seharusnya mendorong kolaborasi dan pemahaman mendalam sering kali tidak berjalan efektif karena sebagian peserta didik menunjukkan sikap pasif, kurang perhatian terhadap materi, serta minim kontribusi terhadap kelompok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang menggabungkan kerja sama tim dengan kompetisi berbasis permainan. Pendekatan ini dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan kompetitif, sehingga diharapkan mampu meningkatkan konsentrasi dan keterlibatan peserta didik. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, proses implementasi TGT diamati secara langsung melalui kegiatan pembelajaran, wawancara singkat dengan guru dan peserta didik, serta penyebaran angket sebagai instrumen pendukung. Hasil menunjukkan bahwa penerapan TGT berdampak positif terhadap peningkatan fokus peserta didik dalam diskusi kelompok. Peserta didik tampak lebih termotivasi, aktif, dan bertanggung jawab terhadap proses belajar. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis seperti pengelolaan waktu dan pembentukan kelompok yang seimbang, model ini tetap menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam membangun suasana belajar yang kolaboratif dan partisipatif.
Downloads
References
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.
Hartati, D., & Wahyuni, R. (2021). Penerapan model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 110– 118.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Nuryanti, S. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 34–42.
Pratiwi, L. R. (2019). Efektivitas model Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 203–210.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik (Terj. Narulita, A.). Bandung: Nusa Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mela Dwi Lestari, Noor Ellyawati, Hermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












