Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 002 Samarinda Kota

Authors

  • Minarti Amir Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Bahasa Indonesia, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 002 Samarinda Kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri atas guru dan 20 peserta didik kelas V SDN 002 Samarinda Kota, terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setelah diterapkannya model Problem based learning (PBL), terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran terlihat perubahan positif dalam proses pembelajaran, di mana peserta didik tampak lebih antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Perubahan proses tersebut turut berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik, dari kualifikasi cukup (C) yaitu 70% pada siklus I dan pada siklus II menjadi kualifikasi baik (B) yaitu 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 002 Samarinda Kota.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 53–79.

Djamarah, S. B., & Aswan Zain. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Renika Cipta.

Fakhriyah, N., Muslimin, & Halik, A. (2021). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX, 1–5.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk meningkatkan hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4).

Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.

Rahmatiah, R., & Besse Syukuroni Baso. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia V Upt Sdn 11 Kabupaten Soppeng. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 190–213. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.528

Rakhma, D., Damayanti, A., & Ridwan, A. (2024). Social Studies in Education Perubahan Sosial dan Pendidikan dalam Peran Guru PAI di Era Digital. 2(2), 123–138.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1).

Yuyun, D. H. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Amir, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 002 Samarinda Kota. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 109–114. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5572