Implementasi Papan Pecahan Sebagai Media Visual Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Senilai

Authors

  • Maria Ulfah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
  • Mursyidah Sekolah Dasar Negeri 002 Samarinda Kota

Keywords:

Media Konkret, Papan Pecahan, Pecahan Senilai, Pembelajaran Visual

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering menghadapi tantangan, terutama dalam mengajarkan materi abstark seperti pecahan senilai. Kurangnya media visual yang konkret menyebabkan siswa kesulitan memahami hubungan nilai antar pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media papan pecahan sebagai alat bantu visual dalam memahami konsep pecahan senilai di kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan 29 siswa kelas IV SDN 002 Samarinda Kota. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan secara induktif dengan teknik triangulasi sumber untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan pecahan membantu siswa mengidentifikasi dan membandingkan pecahan yang memiliki nilai setara secara konkret. Penggunaan media ini memfasilitasi siswa untuk memahami kesetaraan antar pecahan melalui pengalaman nyata. Guru menyatakan bahwa papan pecahan memudahkan dalam menjelaskan materi abstrak menjadi lebih nyata, serta meningkatkan antusiasme, partisipasi aktif, dan kepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media papan pecahan sangat tepat digunakan dalam pembelajaran pecahan senilai di sekolah dasar karena memperkuat representasi visual dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 807-815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4643

Atiaturrahmaniah, A., Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268-278. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4657

Fitriana, N. P. D., Rusmana, I. M., & Isnaningrum, I. (2023). Pengembangan Media Papan Pecahan terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 227-236.

Misykah, Z., & Panggabean, D. S. (2022). Pengaruh MEDIA Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Nurul Fathimiyah Bandar Klippa Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Guru Kita, 6(4), 419-429.

Mutiara, M., fithriani Saleh, S., & Hadaming, H. (2023). Keefektifan Media Pembelajaran Papan Pecahan dalam Pembelajaran Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 134-141.

Pramudita, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm), 1(2), 48-51. https://doi.org/10.56854/jipm.v1i2.297

Setyawan, D. (2025). Membangun Generasi Emas: Peran Pendidikan Dalam Membentuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Pembelajaran, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-9.

Setyawan, M. D., & El Hakim, L. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Dick And Carey Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7). https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2036

Wahidin, W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 285-295.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Ulfah, M., Nurhadi, M., & Mursyidah, M. (2025). Implementasi Papan Pecahan Sebagai Media Visual Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Senilai. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 104–108. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5571