Pengaruh Suplemen Ajar Berbasis Literasi Islam Menggunakan Model E-Learning Web Course Terhadap Hasil Belajar Kimia
Keywords:
Afektif, Kognitif, Literasi Islam, Suplemen AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplemen bahan ajar berbasis literasi islam menggunakan model pembelajaran e-learning tipe web course terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X di MAN 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripsi dengan metode rancangan quasi experiment jenis non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas X IPA 3 menggunakan suplemen ajar berbasis literasi Islam dan kelas X IPA 2 menggunakan suplemen ajar non-berbasis literasi Islam. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar afektif dan hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t, diperoleh uji thitung afektif = 2,27, thitung kognitif = 4,86 dan ttabel = 1,99 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya hasil belajar afektif dan kognitif menunjukan bahwa terdapat pengaruh suplemen bahan ajar berbasis literasi Islam menggunakan model pembelajaran e-learning tipe web course terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X di MAN 1 Samarinda.
Downloads
References
Hatami, M., (2019). Pengaruh Pengintegrasian Nilai – Nilai Islam Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA MAN 2 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia; Universitas Mulawarman, Samarinda.
Ihsan, M. S., Agus, R., & Saprizal, H. (2019). Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pijar MIPA, Vol. 14, hal 84-87.
Kurniawan, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap dan Pengetahuan, Jurnal Primary PGSD, Vol. 6, hal 390.
Okmarisa, H., Ayi D., dan Retno D. S. (2016). Implementasi bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 8, hal 130-135.
Pramudjono. (2010). Statistika Dasar (Aplikasi Untuk Penelitian), Putri Kencana Samarinda, Samarinda.
Rizky, M. (2016). Pengembangan Suplemen Kimia Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Materi Kimia Polimer, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, Jurnal Tadris Kimiya, Vol. 1, hal 47-57.
Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bagan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 1, hal 83-84. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/13677/9533.
Tambunan, H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang, Universitas Negeri Medan, Medan.
Yasnia, M. T. (2015), Pengaruh Model Starter Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid, Jurnal Untan, Vol.6. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19849/16296.
Zega, I. S., & Ayi, D. (2019). Implementasi Bahan Ajar Hidrolisis Garam Terintegrasi Nilai-Nilai Islami dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, Vol. 1, hal 64-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saiful Anwar, Muflihah, Iis Intan Widyowati, Nur Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












