Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Multimodal

Authors

  • Junita Gena Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Teaching at The Right Level, Bahasa Indonesia, Teks Multimodal, Poster

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pengajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks multimodal berupa poster di kelas XII B SMP Negeri 1 Samarinda. Metode ini diterapkan untuk menangani masalah pembelajaran yang timbul akibat perbedaan kemampuan literasi siswa di dalam satu kelas. Studi ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 33 siswa yang dibagi ke dalam tiga tingkat kemampuan: dasar, menengah, dan lanjut, berdasar pada penilaian awal dan pengamatan guru. Data dikumpulkan melalui pengamatan proses belajar dan dokumentasi hasil kerja siswa yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) analisis poster. Temuan menunjukkan bahwa peserta didik dapat menyelesaikan tugas analisis sesuai dengan levelnya, dengan siswa dasar berfokus pada aspek visual, siswa menengah mulai memberikan kritik dan rekomendasi, serta siswa tingkat lanjut menunjukkan pemahaman yang reflektif dan analitis. Bimbingan guru yang bervariasi di setiap tingkatan memberikan pengaruh baik dalam proses pembelajaran. Pendekatan TaRL terbukti ampuh dalam meningkatkan partisipasi aktif, keterlibatan, dan pemahaman siswa secara bertahap dalam konteks Pendidikan inklusif dan adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D. K., & Adi, P. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level Untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 2 Pakis. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(4), 3-3.

Istiqomah, D. A., Supratiyoko, K., & Rusilowati, A. (2024, May). Pendekatan TaRL melalui Tutor Sebaya untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas 277-284.

Kayati, A. N., & Madura, U. (2022, April). Pemanfaatan teks multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk penguatan literasi peserta didik. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I). Vol. 4, 385-398.

Murdiyanto, D., & Arifin, Z. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level pada Materi Penulisan Surat Resmi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 3(2), 177-191.

Rimang, S. S., usman, H., & mansur, M. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level And Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ix Andi Page Smpn 1 Segeri Pangkep. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 158-166.

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192.

Syafaah, D. S. N., Nugroho, A. A., & Nuruliarsih, N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 260-265.

Wati, M. L. K., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2023). Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama. SeBaSa, 6(2), 447-461.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Gena, J. (2025). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Multimodal. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 89–96. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5569