Implementasi Akomodasi Yang Layak Bagi Peserta Didik Tuna Daksa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Inklusif SMA Negeri 1 Samarinda
Keywords:
Inklusi, Tuna Daksa, Akomodasi Layak, Bahasa Indonesia, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang inklusif menuntut adanya akomodasi layak bagi peserta didik berkebutuhan khusus agar dapat berpartisipasi secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus terhadap seorang siswa tuna daksa ringan di kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda. Hasil menunjukkan bahwa penyesuaian aksesibilitas ruang belajar dan pemberian waktu tambahan saat presentasi dapat meningkatkan kenyamanan serta keterlibatan aktif siswa. Selain itu, kepercayaan diri siswa juga berkembang karena merasakan dukungan dari lingkungan yang responsif. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan akomodasi yang sesuai dalam mendukung pembelajaran yang setara.
Downloads
References
Afriyani, F. P., Maulida, L. U., & Mubin, N. (2025). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Inklusif pada Pendidikan Multikultural. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 344-347.
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 94-100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754
Fadilah, U. F., & Sa'diah, H. (2025). Membangun Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Di Lingkungan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Sains, 845-855. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i2.5244
Fuadi, M. F., Ismail, A., & Syahid, A. A. (2024). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Dan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Lensa PENDAS, 264-277. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3890
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firda Adinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












