Implementasi Akomodasi Yang Layak Bagi Peserta Didik Tuna Daksa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Inklusif SMA Negeri 1 Samarinda

Authors

  • Firda Adinda Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Inklusi, Tuna Daksa, Akomodasi Layak, Bahasa Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia yang inklusif menuntut adanya akomodasi layak bagi peserta didik berkebutuhan khusus agar dapat berpartisipasi secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus terhadap seorang siswa tuna daksa ringan di kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda. Hasil menunjukkan bahwa penyesuaian aksesibilitas ruang belajar dan pemberian waktu tambahan saat presentasi dapat meningkatkan kenyamanan serta keterlibatan aktif siswa. Selain itu, kepercayaan diri siswa juga berkembang karena merasakan dukungan dari lingkungan yang responsif. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan akomodasi yang sesuai dalam mendukung pembelajaran yang setara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyani, F. P., Maulida, L. U., & Mubin, N. (2025). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Inklusif pada Pendidikan Multikultural. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 344-347.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 94-100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Fadilah, U. F., & Sa'diah, H. (2025). Membangun Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Di Lingkungan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Sains, 845-855. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i2.5244

Fuadi, M. F., Ismail, A., & Syahid, A. A. (2024). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Dan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Lensa PENDAS, 264-277. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3890

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Adinda, F. (2025). Implementasi Akomodasi Yang Layak Bagi Peserta Didik Tuna Daksa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Inklusif SMA Negeri 1 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 74–80. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5567