Peningkatan Keterbukaan Emosional Dan Kepedulian Sosial Peserta Didik SMAN 16 Samarinda Melalui Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Keterbukaan Emosional, Kepedulian Sosial, Pembelajaran Sosial-Emosional, Inovasi Pembelajaran MatematikaAbstract
Ketertutupan emosional dan rendahnya kepedulian sosial antarpeserta didik dapat menjadi hambatan dalam proses pembelajaran, terutama dalam interaksi sosial dan partisipasi di kelas. Kondisi ini ditemukan dalam pembelajaran Matematika di kelas X-10 SMA Negeri 16 Samarinda, di mana suasana kelas cenderung kaku, minim empati, dan terbatasnya interaksi lintas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan emosional dan kepedulian sosial peserta didik melalui inovasi pembelajaran sosial- emosional bertajuk Ruang Emosi Kelas Kita dalam pembelajaran Matematika. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 16 Samarinda, sedangkan objek penelitian adalah penerapan empat komponen inovasi: Emotional Box, Pertukaran Emosi, Ice Breaking Sosial- Emosional, dan teknik mindfulness STOP. Data dikumpulkan melalui observasi, jurnal refleksi guru, dokumentasi, dan angket persepsi peserta didik berbasis indikator CASEL (2020). Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi emosional siswa, keberanian mengekspresikan perasaan, serta respons empatik terhadap teman. Suasana kelas menjadi lebih terbuka, akrab, dan mendukung pembelajaran kolaboratif. Rata-rata skor angket menunjukkan peningkatan pada ketiga indikator sosial-emosional utama, dengan kategori akhir “tinggi” hingga “sangat tinggi.” Inovasi ini terbukti mampu menciptakan iklim kelas yang sehat dan inklusif tanpa mengganggu capaian akademik. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran sosial-emosional dalam mata pelajaran eksakta seperti Matematika dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan emosional dan interaksi sosial peserta didik.
Downloads
References
Ciprianto, C. (2023). The state of evidence for social and emotional learning: A contemporary meta-analysis of universal school-based SEL intervention. Pubmed. 94 (5). 1181-1204
Hindayati, P., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1).
Julianty, A.A., Alifa Nur Latifah, Wulandari, S., & Rostika, D. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam 04. Tadzkirah. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1)
Wisdiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 7(4)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amoria Mahdalena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












