Peran Adaptasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Partisipasi Peserta Didik Hiperaktif Dalam Topik Gotong Royong
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Pertisipasi Peserta Didik, Hiperaktif, Gotong RoyongAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi aktif peserta didik hiperaktif di kelas 1 Fase A sekolah dasar, yang sering menunjukkan kesulitan dalam mempertahankan fokus, mengikuti instruksi, dan berinteraksi selama pembelajaran. Kondisi ini menghambat pencapaian tujuan pembelajaran dan menciptakan kesenjangan antara potensi dan kinerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran adaptasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan partisipasi peserta didik hiperaktif pada topik gotong royong. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 21 peserta didik kelas 1B SDN 007 Samarinda Ulu, dengan satu peserta didik teridentifikasi hiperaktif sebagai subjek utama. Objek penelitian ini adalah implementasi adaptasi pembelajaran berdiferensiasi dan tingkat partisipasi peserta didik hiperaktif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara semi-terstruktur dengan rekan sejawat. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi data untuk memastikan keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi pembelajaran berdiferensiasi, melalui penyesuaian konten, proses, dan produk, secara signifikan meningkatkan partisipasi peserta didik hiperaktif. Peningkatan terlihat dari fokus perhatian, keterlibatan kelompok, kemampuan menyelesaikan tugas, dan kontrol impulsif. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang adaptif untuk memfasilitasi kebutuhan belajar yang beragam di kelas inklusif, khususnya bagi peserta didik hiperaktif, sehingga mendorong partisipasi dan kualitas pembelajaran yang lebih baik.
Downloads
References
Dewi, A. K., & Nurjanah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Timer Visual dan Check-list Aktivitas untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Hiperaktif. Jurnal Pendidikan Khusus, 13(1), 45-56.
Fahmi, Z., & Sari, I. P. (2023). Penerapan Metode Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Hiperaktif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 12-21.
Fitria, N., & Utami, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Gotong Royong pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1-10.
Gunawan, H., & Ma'ruf, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengakomodasi Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 101-110.
Lestari, D., & Pramono, A. (2022). Peran Penataan Lingkungan Belajar Fleksibel dalam Meningkatkan Fokus Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Inklusi, 5(2), 89-100.
Prasetyo, A. D., & Lestari, Y. (2023). Peningkatan Nilai Karakter Gotong Royong Melalui Metode Proyek Berbasis Komunitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 165- 178.
Purnama, S., & Sari, N. I. (2024). Efektivitas Penggunaan Fidget Toys dan Sudut Tenang dalam Mengurangi Perilaku Hiperaktif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 23-34.
Rahayu, S., & Putri, N. E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengembangkan Potensi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 1-12.
Sari, E. S., & Agustina, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 234-245.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alma Fadilla Putri, Syamdianita, Rukayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












