Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Game Melalui Quiz Wordwall Dalam Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu

Authors

  • Ahmar Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Syamdianita Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Mulawarman
  • Zakiyatul Kubra Sekolah Dasar Negeri 007 Samarinda Ulu

Keywords:

Media Interaktif, Quiz Wordwall, Kepercayaan Diri

Abstract

Kepercayaan diri termasuk hal penting yang perlu dibangun dalam diri siswa guna mencapai keberhasilan pembelajaran. Pada kenyataannya kepercayaan diri siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu masih perlu ditingkatkan. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya untuk membuat suatu pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan aktif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui pemanfaatan media interaktif quiz wordwall dalam pembelajaran. PTK dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media game edukasi quiz wordwall dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu ditunjukkan dengan peningkatan persentase pemenuhan indikator kepercayaan diri siswa. Peningkatan kepercayaan diri siswa berdasarkan pada hasil analisis lembar observasi kepercayaan diri siswa yang memperoleh persentase 78.8% termasuk dalam kategori baik pada siklus I, 85.9% pada siklus II termasuk kategori sangat baik, dan 93% pada siklus III termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis game seperti quiz wordwall dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk mendukung peningkatan kepercayaan diri bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, S., Suhartono, & Nurhasanah. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1047

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Halik, I. (2021). Membuat Games Edukasi dengan Wordwall. Irhamhalik.Com. Malewa, E. S., & Muh, A. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Kepercayaan diri Peserta Didik Pada Materi Zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru. EDUCANDUM, 9(1), 22-30.

Fitriana, E., & Wibawa, S. (2024). Penerapan Model PJBL Berbasis Media Wordwall dalam Pembentukan Karakter Kerjasama pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 957–969.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal of Social Science Research, 552, 552– 560. Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Novita Sari, A., Nurul Atikah Nasution, W., & Kurniati, S. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Interaktif Dengan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 11–18.

Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kepercayaan diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Nurul Marlita, I., Patonah, S., Ariestanti, E., & Miyono, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Game dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 725–735. Retrieved from https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4229

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter, 1(5), 452– 457.

Pritama, D. (2015). Studi Tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–10.

Purnama, R. P., Sumani, & Pranoto, D. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tahunan Baru. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1737–1746.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70–77.

Republik Indonesia. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rukiyah. (2018). Meningkatkan Kepercayaan diri Anak dengan Menggunakan Media Audio Visual di RA An-Najah Kecamatan Sei Bamban. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Setyorini, D., Suneki, S., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Kepercayaan diri Dengan Menggunakan Media Quiz Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31.

Sherianto, S. (2020). Wordwall Aplikasi Bermain Sambil Belajar. Www.Cocokpedia.Net. Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (1st ed.). Nata Karya.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1).

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Ahmar, A., Syamdianita, S., & Kubra, Z. (2025). Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Game Melalui Quiz Wordwall Dalam Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 50–57. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5564