Peningkatan Keterlibatan Sosial-Emosional Peserta Didik Melalui Inovasi Emotional Box Dan Pertukaran Emosi Di Kelas XI-9 SMA Negeri 16 Samarinda

Authors

  • Feby Greciana Damanik Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Emotional Box, Keterlibatan Sosial Emosional, Pembelajaran Sosial Emosional, Pertukaran Emosi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan sosial dan emosional siswa kelas XI-9 SMA Negeri 16 Samarinda melalui inovasi Emotional Box dan Pertukaran Emosi. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 34 siswa, dengan data dikumpulkan melalui observasi, angket, jurnal refleksi guru, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi ini menciptakan suasana belajar yang lebih terbuka dan mendukung. Terjadi peningkatan signifikan dalam ekspresi emosional siswa, empati antarsiswa, serta partisipasi dalam kegiatan kelas. Skor angket keterlibatan emosional meningkat dari rata-rata 2,9 pada siklus I menjadi 4,2 pada siklus II. Pendekatan ini terbukti efektif sebagai bagian dari upaya menciptakan pembelajaran yang inklusif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avandra, R., Neviyarni., & Irdamurni. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9(2)

Brown, L., Smith, J., & Taylor, R. (2022). The academic impact of school-based social emotional learning programs: A UK meta-analysis. European Journal of Educational Psychology, 17(3), 220–235.

Cipriano, C., et al. (2023). The state of evidence for social and emotional learning: A contemporary meta-analysis of universal school-based SEL interventions. Pubmed. 94(5):1181-1204

Distina, P. P. (2021). Intervensi Mindful Breathing Untuk Mengatasi Stres Akademik pada Remaja Sekolah Menengah Atas. Journal of Psychology, Religion and Humanity. 3(2)

Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., Weissberg, R. P., & Gullotta, T. P. (2020). Handbook of social and emotional learning: Research and practice. Guilford Publications.

Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Berasrama. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam. 4(1)

Hidayati, P., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1)

Jones, S. M., & Bouffard, S. M. (2021). Social and emotional learning in schools: From programs to strategies. Social Policy Report, 35(2), 1–28.

Julianty, A. A., Alifa Nur Latifah, Wulandari, S., & Rostika, D. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam 04. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1)

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya.

Journal of Multidisciplinary Studies. 1(2): 185-196

Mahoney, J. L., Weissberg, R. P., Durlak, J. A., & Domitrovich, C. E. (2021). Systematic review and meta-analysis of universal school-based SEL programs worldwide. Child Development, 92(3), 964–988.

Mahoney, J. L., Weissberg, R. P., Durlak, J. A., & Domitrovich, C. E. (2021). Systematic review and meta-analysis of universal school-based SEL programs worldwide. Child Development, 92(3), 964–988.

Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376

Smith, A., Thomas, L., & Yoon, J. (2020). Emotional Regulation And Student Attendance: An Integrative Study. Journal of Educational Psychology, 112(4), 612–626.

Syarovina, A., dkk. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Belajar Siswa Kelas IV.

Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan. 3(1).

Takahashi, M., Nakamura, Y., & Saito, K. (2023). Long-term effects of school-based SEL interventions: A meta-analytic review. Frontiers in Education, 8

Taylor, R. D., Oberle, E., Durlak, J. A., & Weissberg, R. P. (2019). Promoting positive youth development through school-based social and emotional learning interventions: A meta-analysis. Child Development, 90(2), 417–446.

Wisdiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 7(4)

Yang, X., Chen, W., & Zhao, Y. (2024). The impact of SEL on Mathematics Achievement in Elementary Students: Evidence from China. Asia-Pacific Education Review, 25(1), 45–62.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Damanik, F. G. (2025). Peningkatan Keterlibatan Sosial-Emosional Peserta Didik Melalui Inovasi Emotional Box Dan Pertukaran Emosi Di Kelas XI-9 SMA Negeri 16 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 42–49. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5563