Pengaruh Persepsi Ketuntasan Akademik Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Sekolah
Keywords:
Ketuntasan Akademik, Motivasi Belajar, Persepsi Nilai, Tugas Sekolah, Regresi LinearAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam rangka Pendidikan Profesi Guru (PPG), dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi ketuntasan akademik terhadap motivasi siswa dalam mengerjakan tugas. Selama masa PPL di salah satu SMAN negeri di Samarinda, ditemukan fenomena bahwa banyak siswa kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas matematika, yang cenderung ditoleransi oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linier sederhana. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Data dikumpulkan melalui angket 10 butir untuk masing-masing variabel, yaitu motivasi dan persepsi ketuntasan akademik, dengan validitas item seluruh valid, serta reabilitas Cronbach’s Alpha masing-masing 0.660 dan 0.826. Uji normalitas dan linearitas terpenuhi. Hasil regresi menunjukkan terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara persepsi ketuntasan akademik terhadap motivasi siswa dengan persamaan regresi + dan nilai R2 = 0.207, yang artinya 20,7% variasi motivasi dijelaskan oleh persepsi ketuntasan akademik. Semakin tinggi keyakinan siswa akan tetap lulus meski tugas tidak maksimal, maka semakin rendah motivasinya dalam mengerjakan tugas.
Downloads
References
Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53, 109–132. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135153
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376
Weiner, B. (1986). An Attributional Theory of Motivation and Emotion. New York: Springer- Verlag. https://doi.org/10.1007/978-1-4612-4948-1
Utaminingtyas, A. R. (2011). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Semarang [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12239
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (3rd ed.). Pearson Higher Ed. ISBN: 9780137019016. https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/motivation-in-education-theory- research-and-applications/P200000003927/9780137019016
Slavin, R. E. (2012). Educational Psychology: Theory and Practice (10th ed.). Pearson. ISBN: 9780132855244. https://www.pearson.com/store/p/educational-psychology-theory-and- practice/P100000675618
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Nunnally, J. C. (1978). Psychometric Theory (2nd ed.). New York: McGraw-Hill. ISBN: 9780070478497.
Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Khasanatun Nisa’, Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












