Meningkatkan Keterlibatan Aktif Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Piktogram Bertema Kemerdekaan Dengan Pendekatan CRT Di Kelas V SD

Authors

  • Nor Azmi Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ventje Jany Kalukar Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Mulawarman
  • Ernawati Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Kota

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Keterlibatan Aktif, Motivasi Belajar, Piktogram

Abstract

Tantangan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar salah satunya terletak pada rendahnya partisipasi dan motivasi belajar peserta didik, terutama pada materi penyajian data yang sering dianggap kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa kelas VC SDN 008 Samarinda Kota melalui penerapan metode konkret piktogram dalam konteks perayaan Hari Kemerdekaan. Data yang digunakan dalam pembelajaran diambil dari minat siswa terhadap berbagai jenis lomba seperti futsal, lari estafet, menyanyi, membaca puisi, dan cerdas cermat. Pembelajaran dirancang menggunakan model Problem Based Learning dan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, yang memungkinkan siswa bekerja dalam kelompok heterogen untuk mengumpulkan dan menyajikan data partisipasi lomba dalam bentuk tabel frekuensi dan piktogram. Pendekatan ini menjadikan siswa tidak hanya sebagai penerima materi, tetapi sebagai subjek aktif yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan data yang bersumber dari minat dan pengalaman nyata siswa mampu meningkatkan antusiasme, keterlibatan aktif, serta semangat kolaboratif dalam menyelesaikan tugas. Siswa menjadi lebih termotivasi karena materi yang dipelajari terasa dekat dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan peristiwa-peristiwa sekolah yang relevan, seperti perayaan Hari Kemerdekaan, sebagai konteks pembelajaran untuk memperkuat pemahaman konsep dan menumbuhkan motivasi belajar siswa secara alami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, M. S., & Kusumah, Y. S. (2020). Pembelajaran matematika berbasis konteks kehidupan sehari- hari untuk siswa sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 712–722. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.31754

Firmansyah, F., Nurfaidah, N., & Mahfud, M. (2023). Dampak kemajuan teknologi pendidikan terhadap kinerja guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(2), 299–314. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i2.3471

Gay, G. (2010). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (2nd ed.). Teachers College Press.

Hasanah, U., & Wahyuni, S. (2020). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 21–30.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Panduan guru matematika SD kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Lestari, I., & Pratiwi, D. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui media visual di sekolah dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 145–154.

Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376

Ningsih, R., & Purnamasari, D. (2021). Pengaruh penggunaan piktogram terhadap kemampuan menyajikan data siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 47–55.

Puspitasari, D., & Anggraini, A. D. (2022). Profil pelajar Pancasila dalam implementasi Kurikulum Merdeka: Tinjauan dari pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 231–246. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.50360

Purwanto, H. (2018). Implementasi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan partisipasi belajar. Jurnal Pendidikan, 23(1), 89–98.

Rohayati, T., & Nugroho, R. A. (2021). Meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa SD melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 375–384.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Suparman, U. (2019). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 101–110.

Syahid, A., & Bachri, S. (2019). Pengaruh kompetensi guru dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Islamic Resources: Jurnal Ilmiah, 16(1), 81–100.

Wahyuni, D., & Fitriani, A. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(2), 105–113. Yusuf, M., & Latifah, S. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar: Sebuah pendekatan kontekstual. Jurnal Edukasi Dasar, 12(1), 56–67.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Azmi, N., Kalukar, V. J., & Ernawati, E. (2025). Meningkatkan Keterlibatan Aktif Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Piktogram Bertema Kemerdekaan Dengan Pendekatan CRT Di Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 31–36. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5550