Implementasi Teaching At The Right Level Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XI 4 SMA Negeri 1 Samarinda

Authors

  • Tiara Yulidiar Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Aidawati SMA Negeri 1 Samarinda

Keywords:

Teaching at the Right Level, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Matematika, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Permasalahan keberagaman kemampuan peserta didik dalam pembelajaran matematika di kelas XI-4 SMA Negeri 1 Samarinda menyebabkan ketimpangan partisipasi siswa selama kegiatan belajar, terutama ketika diterapkan diskusi kelompok heterogen. Siswa berkemampuan tinggi cenderung mendominasi, sementara siswa berkemampuan sedang dan rendah menjadi pasif. Hal ini berdampak pada rendahnya keterlibatan dan pencapaian hasil belajar secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika melalui implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang dipadukan dengan strategi diferensiasi proses dan konten. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 37 peserta didik kelas XI-4, sedangkan objek penelitian adalah proses pembelajaran matematika pada materi statistika regresi. Instrumen yang digunakan berupa asesmen diagnostik kognitif untuk pemetaan awal kemampuan siswa, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdiferensiasi, serta asesmen formatif untuk mengukur hasil belajar tiap siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk melihat peningkatan capaian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan hasil belajar siswa setelah penerapan TaRL. Jumlah siswa dalam kategori “kurang” menurun drastis, sementara kategori “baik” dan “sangat baik” meningkat pada siklus II. Refleksi tindakan menunjukkan bahwa pengelompokan homogen berbasis kemampuan awal, disertai LKPD yang disesuaikan, mampu menciptakan pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menguatkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi sebagai pendekatan yang berkeadilan dan mampu mengoptimalkan potensi peserta didik secara merata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, S. (2022). Improving teacher ability in conducting class action research through structured guidance. Edutec, 6(2), 355–369. https://doi.org/10.29062/edu.v6i2.485

Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Literature review: pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Inventa, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739

Dzahabiyyah, S. N., Gembong, S., & Nurnaningsih, D. R. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 6 Madiun pada mata pelajaran matematika. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13685–13694. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Koimah, S., Zahra, N., Prasitini, E., Sasmita, S. K., & Sari, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa yang Beragam. https://doi.org/10.61476/49j96838

Lestari, I. E., Maharani, S., & Sunarni, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. Journal on Education, 6(4), 20998–21011. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6243

Mursalin, S., Astini, B. N., & Triwahyuni, I. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan teaching at the right level berbantuan papan musi. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 6(1), 75–80. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.443

Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376

Nazila, I. Q., Akhwani, A., & Sianah, S. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pengukuran Satuan Tidak Baku Kelas 1a SDN Jemur Wonosari 1 Surabaya. 5(2), 61–67. https://doi.org/10.62426/jpk.v5i2.42

Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76

Ristiyaningtiyas, A., Purwati, H., Khasanah, U., & Sugiyanti, S. (2024). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan teaching at the right level. Edusaintek. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1397

Wirjana, I. M. A. Y., & Sumandya, I. W. (2023). Penerapan teaching at the right level (TaRL) untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika peserta didik kelas xi sma. Widyadari, 24(2), 263–275. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3190

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Yulidiar, T., Haryaka, U., & Aidawati, A. (2025). Implementasi Teaching At The Right Level Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XI 4 SMA Negeri 1 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 21–30. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5549