Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Proses Berbasis Gaya Belajar
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi nilai-nilai tradisi di Indonesia melalui penerapan pendekatan berdiferensiasi proses berbasis gaya belajar pada peserta didik kelas III-C SDN 007 Samarinda Ulu. Masalah utama yang diidentifikasi adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh perbedaan gaya belajar yang tidak terfasilitasi dalam pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 28 peserta didik kelas III-C. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket gaya belajar, dan tes hasil belajar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses berbasis gaya belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya guru untuk mengidentifikasi dan memfasilitasi gaya belajar peserta didik dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar secara optimal.
Downloads
References
Aiman, F., Anis, P., & Imas, K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1 . Jurnal Basicedu, 6(2), 2848–2850.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan , 13(1), 95– 101.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian (Revisi). Rineka Cipta.
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376
Rofizah, A., Rahayuningsih, S., & Imanah, PBB (2022). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTs Negeri 4 Mojokerto. Seminar Nasional Pendidikan , 1, 164–174.
Setyawati, R. (2023). Pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan pemahaman tentang pancaindera manusia pada peserta didik kelas 4C SD Negeri Ngaglik 01 Batu tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora , 2(1), 232–259.
Sugiarti, N., & Mulyono. (2022). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala , 9(9), 157–164.
Wahyuni, AS (2022). Tinjauan Pustaka: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA , 12(2), 118–126.
Rahmawati, D., Sari, M., & Pratama, Y. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik . Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 45-56.
Santrock, JW (2021). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Tomlinson, CA (2017). Cara Membedakan Pembelajaran di Kelas yang Beragam Secara Akademis. Alexandria: ASCD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asmawati, Herliani, Hariyantini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












