Pemanfaatan Proyek Podcast Untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Auditori Dalam Pembelajaran Analisis Puisi Peserta Didik Kelas X-2 SMA Negeri 13 Samarinda Tahun Ajaran 2024-2025

Authors

  • Bella Dwi Adinda Basri Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Podcast, Gaya Belajar Auditori, Analisis Puisi, Partisipasi Peserta Didik

Abstract

Permasalahan yang ditemukan selama praktik mengajar adalah peserta didik yang aktif secara auditori di kelas, namun kurang fokus saat mengerjakan tugas tertulis. Peserta didik sering berbicara di luar konteks pembelajaran sehingga menurunkan efektivitas belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi gaya belajar auditori peserta didik dengan menggunakan proyek pembuatan podcast sebagai media analisis puisi. Dengan pendekatan kualitatif reflektif, penelitian ini melibatkan 7 peserta didik kelas X-2 yang dipilih secara purposif saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di SMA Negeri 13 Samarinda sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran, dokumentasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta wawancara untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif reflektif, mengamati perubahan fokus dan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media podcast berhasil meningkatkan fokus dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran analisis puisi. peserta didik lebih aktif dan ekspresif dalam mengungkapkan pemahamannya secara lisan, sehingga terjadi peningkatan pemahaman materi analisis puisi secara signifikan. Inovasi pembelajaran ini juga menciptakan suasana belajar yang lebih partisipatif dan personal, menyesuaikan dengan kebutuhan gaya belajar auditori peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan proyek podcast sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar peserta didik. Selain itu, strategi ini dapat meningkatkan kualitas interaksi dan komunikasi di kelas, serta mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, W. H., Maspaitella, M., Rutumalessy, M., Sapulette, V., Parinussa, J. D., & Shaddiq, S. (2025). Podcast sebagai media pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum merdeka: meningkatkan literasi dan deep learning. Edu research, 6(1), 1490-1502.

Hayya, S. F., Aqiella, & Widyasari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk peserta didik Kelas III SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p160-165.

Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Mi Nurul Hidayah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829

Jamaris, M. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Pendekatan Baru dalam Pendidikan. Kencana.

Kintan. (2021). Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa selama Gangguan Pandemi. Didactical Mathematics, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1042.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. KREDO: JUrnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 6(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v6i1.8256

Mobasheri, A., & Costello, K. E. (2021). Podcasting: An innovative tool for enhanced osteoarthritis education and research dissemination. Osteoarthritis and Cartilage Open, 3(1). https://doi.org/10.1016/j.ocarto.2020.100130.

Mulyani, R. (2021). Eksplorasi Terhadap Kemungkinan Desain Podcast Pendidikan Tinggi di Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.381-394.2021.

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode penelitian tindakan kelas. Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.376

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model pembelajaran EarthComm pada mata pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. http://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, November). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Basri, B. D. A. (2025). Pemanfaatan Proyek Podcast Untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Auditori Dalam Pembelajaran Analisis Puisi Peserta Didik Kelas X-2 SMA Negeri 13 Samarinda Tahun Ajaran 2024-2025 . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 9–14. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5544