Integrasi Problem Based Learning Dan Culturally Responsive Teaching Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Kontekstual Di SMPN 5 Samarinda
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Media KontekstualAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep luas permukaan tabung dan bola yang bersifat abstrak serta kurang dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata. Siswa kelas IX C SMP Negeri 5 Samarinda menunjukkan partisipasi yang rendah dalam diskusi kelompok dan capaian akademik yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan tabung dan bola melalui integrasi model Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis media kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa dengan karakteristik budaya dan kemampuan akademik yang beragam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian kinerja siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, rubrik penilaian keterampilan, dan lembar kerja siswa yang telah didesain berdasarkan prinsip diferensiasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis PBL dan CRT yang dikaitkan dengan budaya lokal Kalimantan Timur, seperti penggunaan jeruk dan kertas origami serta pengenalan konteks budaya seperti onde-onde dan tas anjat, mampu meningkatkan partisipasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata meningkat dari 56,8 pada kondisi awal menjadi 83,4 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan mencapai 90%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi integratif yang menggabungkan aspek pedagogis, diferensiasi, dan budaya lokal dapat menciptakan pembelajaran matematika yang lebih bermakna, relevan, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa.
Downloads
References
Amelia, A., Pamungkas, A. S., & Rahayu, I. (2025) Pengaruh Project Based Learning-STEAM dengan Konteks Budaya Banten Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 237-248. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3811
Andriyani, Santosa, C. A. H. F., & Widiasih. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdiferensiasi dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 3181-3192. https://doi.org/10.58230/27454312.2057
Barek, Y., Asyril, A., Berahman, B., & Fendiyanto, P. (2025). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Persamaan Kuadrat. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23-30. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.427
Masruro, A. A., Harjo, F. Y., Arifah, S. T., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Educational Journal: Jurnal Education Research and Development, 8(1), 26-33. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/1604
Mintohari., Wandik., Nawa., R. K., Ainurrohma., S., Sholikhah., S. T., Basuki., S. H., & Wijayanti, T. (2025). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Matematika: Meningkatkan Hasil Belajar Luas Persegi dan Persegi Panjang Kelas IV SD. Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 12(2), 607-618. https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/4492
Pakpahan, T. B., Siregar, R., & Ramli, A. (2024). Intergrasi Culturally Responsive Teaching(CRT) Dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Educational Journal : Jurnal Education Research and Development, 8(2), 452-457. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/1954
Putri Mardianty, E., Tindangen, M., Fendiyanto, P., & Rosifah, D. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 136–139. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3076
Rahmadhani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2022). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427-433.
Rosila, Ima., & Mahmudah, U. (2025). Integrasi Konsep Geometri dan Etnomatematika : Pemanfaatan Ketupat Sebagai Media Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 14-25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v4i2.5874
Ruslan, A., Ludia., & Putri., M. A. (2024). Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme : Strategi Efektif Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(6), 01-09. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/issue/view/42
Sugiharti, A., Vahlia, I., & Rahmawati., D. (2025). Pengembangan Android Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kebudayaan Lokal Materi Baris dan Derat Aritmatika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(2), 409-423.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD. Tomlinson. (Modul 2.1 PGP, 2020).
Wale, L. T., Bhoke, W., & Wewe, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Refusi Pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Kontekstual. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 77-89. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/17338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Twinsky Choirunissa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












