Strategi Pembelajaran dan Implementasi Dalam Pendidikan Profesi Guru: Menghadapi Tantangan di Era Digital
Keywords:
Era Digital, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Profesi GuruAbstract
Dalam era digital, strategi pembelajaran yang efektif tidak hanya menekankan pada penyampaian materi, tetapi juga mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar, meningkatkan pemahaman yang mendalam, serta mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan dunia digital. Selain peran strategi pembelajaran, cara implementasinya juga menjadi faktor penting untuk memastikan keberhasilan pembelajaran di era ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran strategi pembelajaran dan cara implementasinya dalam konteks digital. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan kualitatif diadopsi dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan. Strategi pembelajaran di era digital berperan sebagai faktor pendukung yang membantu meningkatkan motivasi belajar siswa, mencapai tujuan pembelajaran, dan memperbarui keterampilan pengajaran guru. Implementasi strategi pembelajaran pada era digital yaitu pemanfaatan platform pembelajaran online, konten digital interaktif, simulasi virtual dan augmented reality, serta analitika pembelajaran.
Downloads
References
Akbar, F. (2023, May 3). Strategi Guru Profesional Menghadapi Era Digital. https://doi.org/10.31219/osf.io/2ynjr
Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 469-473).
Alfalah, R. (2023, May 28). Menjadi guru di era society 5.0 : Tantangan dan peluang. https://doi.org/10.31219/osf.io/4h38b
Azis, T. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference On Islamic Education And Social Science, 1(2), 308-318. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
fadila, khoirunnisa. (2024). STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIK DI ERA DIGITALISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMAN 1 NA IX-X. Multatuli : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 1–21. https://ejournal.ypayb.or.id/index.php/jumu/article/view/22
Fitriani, N. A., Rusy Dina Firjanah, Erika Tia Larasati, Firma Andrian, & Satria Nugraha Adiwijaya. (2024). Strategi Guru Profesional di Era Digital dalam Pembelajaran. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.47766/jga.v5i1.2056
Harahap, D., Silalahi, D., Hutagalung, E., Purba, M., & Tansliova, L. (2024). Analysis of Teacher Challenges and Solutions in Implementing Learning Strategies. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(1), 778-782. 10.57235/qistina.v3i1.2416
Khairany, I., Chairunnisa, M., & Arifin, M. (2024). Peran Strategi Pembelajaran dan Implementasinya Pada Era Digital. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2108
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252
setyowati, W., Jason Moscato, & Chioke Embre. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379
Saerang, H., Lembong, J., Sumual, S., & Tuerah, R. (2023). Strategies for Developing Teacher Professionalism in the Digital Age: Challenges and Opportunities. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-75. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Sihombing, A. P., Rahardjo, R. S., & Rachman, I. F. (2024). Peran Guru Dan Pendidik Dalam Menumbuhkan Literasi Digital Dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 360-370. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1462
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jaunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.