Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Materi Pola Hidup Gotong Royong Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran
Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Pola Hidup Gotong Royong, Metode Bermain PeranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 001 Samarinda Ulu terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklunya terdiri dari 2 kali pertemuan dengan prosedur penelitian perencaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data yaitu, rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar dengan indikator keberhasilan yaitu 75%.Hasil penelitian menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,30 dengan persentase ketuntasan sebesar 50% dan persentase peningkatan pra siklus ke siklu I sebesar 23,08%. Hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 85,15 dengan persentase ketuntasan sebesar 96,15 dan persentase peningkatan pra siklus ke siklus II sebesar 64,70%.
Downloads
References
Ahmad, S. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Aji, B. (2013). Pengertian Sistem dan Analisis Sistem. Jakarta Timur: Gunadarma.
Amiruddin, dan Zainal Asikin. (2018). Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.
Anas, S. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.
Apsari, R. dkk,. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Perseda.
Arifin, Z. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.
Dimyanti, Mudjino. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka, K. (2019) Penerapan Metode Bermaian Peran Mata Pelajaran Pai dan Budi Peketi Materi Kerja Sama dan Tolong Menolong Kelas II SDN-1 Pahandut Palangka Raya. Jurnal Pendidikan. 3 144-156.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ihsan, F. (2013). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Morissan. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.
Mukrimah, Sifa Siti. (2014). Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi.
Muniroh. (2018). Metode Bermain Peran Dan Metode Role Playing. Jurnal Pendidikan. 1–23.
Oktafikrani, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Metode Bermain Peran Siswa Kelas Iii Sdn Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 133–142. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2710
Rahman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas V Sd Negeri 21 Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 256–264.
Sari, S, & dan Gumilar. (2022). Spalsh Pendidikan Pancasila. Jakarta: Yudhistira.
Sudjana, Nana. (2016). Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudrajat, A. (2014). Nilai-nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Kewarganegaraan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Buku Baik.
Ubaedillah, A. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan.
Uno, H. (2019). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Wahyudi, A. B. E., & Suardiman, S. P. (2013). Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Ips Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silitonga Marlhyn Febriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.