Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Mahasiswa PPG PGSD Prajabatan Lintas Jurusan Pada Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Authors

  • Iqbal Iman Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, PPG Prajabatan, Praktik Pengalaman Lapaangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) PGSD Prajabatan Lintas Jurusan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting dalam pendidikan dasar, karena memungkinkan guru menyesuaikan pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam untuk menggali pengalaman dan persepsi mahasiswa PPG lintas jurusan selama PPL. Wawancara dilakukan terhadap sejumlah mahasiswa yang melaksanakan PPL di beberapa sekolah mitra. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa lintas jurusan memiliki pemahaman teoritis tentang pembelajaran berdiferensiasi, banyak di antara mereka yang menghadapi tantangan dalam penerapannya. Tantangan tersebut meliputi adaptasi terhadap konteks pendidikan dasar, pengelolaan kelas dengan tingkat kemampuan yang beragam, serta keterbatasan pengalaman praktis. Faktor latar belakang akademis dan dukungan dari guru pamong serta sekolah mitra turut memengaruhi kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan dan pendampingan praktis untuk mahasiswa lintas jurusan agar lebih siap menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif di pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiman Faiz. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869

Arum, N. (2019). Improving Student Learning Results Through The Application Of The Quantum Teaching Model. Journal of Mathematics Education, 4(1), 8-13.

Atik, S. (2021). Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Balyer, A. (2017). Pre-service teachers’ perceptions of their competency for the teaching profession. Cumhuriyet International Journal of Education, 6(2), 230–248.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2022). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Istiyono, E., Kartowagiran, B., Retnawati, H., & Adi, H. C. (2021). Effective teachers’ personality in strengthening character education. June. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21629

Kuntarto, E. (2019). Teacher’s Competency Assessment (TCA) in Indonesia: A New Framework, 14, 8–20.

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Main Sufanti. (2022). Tantangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://fkip.ums.ac.id/2022/11/07/tantanganpembelajaran-berdiferensiasi-oleh-dr-main-sufanti-m-hum/

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif, 1–58.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Naibaho, Dwi Putriana. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Orazbayeva, K. O. (2016). Professional Competence of Teachers in the Age of Globalization. International Journal of Environmental & Science Education, 11(9).

Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Rahmawati, N., & Putri, M. (2021). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kesiapan mengajar mahasiswa PPG. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 55–66.

Rustam, M., Hasan, N., & Nisa, S. (2024). Penerapan design thinking dalam pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(3), 143–158.

Sulaiman, J., & Ismail, S. N. (2020). Teacher Competence and 21st Century Skills in Transformation Schools 2025 (TS25). 8(8), 3536–3544. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080829

Toto, B. D. H., & Sulistyorini, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensi terhadap Persiapan Mengajar Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 950–956. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p950-956

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Iman, I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Mahasiswa PPG PGSD Prajabatan Lintas Jurusan Pada Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 5, 55–61. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/4162