Pengaruh Persepsi Siswa Pada Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Guru Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Samarinda
Keywords:
Persepsi Siswa, Pembelajaran Matematika, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran matematika guru terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 6 Samarinda. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam peelitian ini berupa angket persespsi siswa pada pelaksanaan pembelajaranm matematika guru dan angket motivasi belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan SPSS 26 dengan taraf signifikan 5% . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara persepsi siswa pada pembelajaran matematika guru dan motivasi belajar matematika siswa yang ditunjukan dari nilai koefisien korelasi sebesar . Lebih lanjut ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pembelajaran matematika guru dan motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 6 Samarinda yang ditunjukan oleh nilai sig. yang kurang dari 5% atau 0,007 < 0,05.
Downloads
References
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, Ek. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi dalam Belajar. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48.
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Alviana (ed.); 1st ed.). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Ika Septi, P., & Sri Adi, W. (2018). Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Secara Mandiri Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Kelas XI SMK Piri 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 1, 803–809.
Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69
Kur’ani, N. (2022). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Interaksi Guru-Siswa Dan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar. Jurnal Psikologi Konseling, 21(2), 1393–1403.
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193.
Ponoharjo. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika (1st ed.). Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
Saaiq, M., & Solikin, M. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi XIV, 1(2), 58–64. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/otomotif-s1/article/view/4339/4016
Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi (1st ed.). Penerbit Aksara Timur.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). ALFABETA.
Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2018). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 200–209.
Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matenatika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2), 117–131. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.604
Udil, P. A., Bole, Y. L., & Ekowati, C. K. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Guru Matematika Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1365
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prasetyo, Fia Nursanti, Fitriyani, Indriani Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.