Analisis Asesmen Diagnostik Kognitif Dan Non Kognitif Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat

Authors

  • Amelia Husnul Mahmudah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Pretty Novia Sinambela Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Sri Atin SMA Negeri 3 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3104

Keywords:

Asesmen Diagnostik, Pemahaman Awal, Gaya Belajar

Abstract

Penerapan asesmen diagnostik merupakan bagian terpadu dari pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui bagaimana persiapan, penerapan, dan hasil tes diagnostik terhadap peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian kelas XH di SMA Negeri 3 Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisis tindak lanjut. Berdasarkan hasil analisis asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif dapat disimpulkan bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan dengan tingkat belum paham yaitu sebesar  terhadap materi persamaan dan fungsi kuadrat dan memiliki kecenderungan gaya belajar visual sebesar . Hal ini, penting untuk dilakukan agar pendidik dapat merepresentasikan kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan asesmen diagnostik yang telah diberikan dan membuat tindak lanjut rancangan pembelajaran berdiferensiasi yang dapat mengakomodir keragaman gaya belajar peserta didik secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263- 268
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, No.1.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Kasman, K., & Lubis, S. K. (2022). Teachers’ Performance Evaluation Instrument Designs in the Implementation of the New Learning Paradigm of the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 760–775.
Koroh, L. I. D., Lao, H. A. E., Tari, E., & Liufeto, M. C. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Sugiarto, S., Aini. R. Q., & Suhendra. R. (2023). Pelatihan Impelemtasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taliwang. karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–8
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Husnul Mahmudah, A., Novia Sinambela, P., Zulkarnaen, Z., & Atin, S. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Kognitif Dan Non Kognitif Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 231–236. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3104