Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai asesmen awal untuk mendapatkan gambaran mengenai kecenderungan gaya belajar siswa SMA Negeri 1 Samarinda. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam (deep talk) dan melalui pemberiang angket gaya belajar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-3 SMA Negeri 1 Samarinda yang terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan dan total keseluruhan 36 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket gaya belajar dan menggunakan google form dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, gaya belajar peserta didik SMA Negeri 1 Samarinda secara kinestetik sebesar 22,2%, gaya belajar visual sebesar 44,4% dan gaya belajar auditorial sebesar 33,3%. Dari hasil ini terlihat bahwa gaya belajar yang paling dominan adalah gaya belajar visual. Gaya belajar yang beragam ini berarti kebutuhan belajar peserta didik dalam pembelajaran juga beragam, dimana harus diakomodasi oleh guru maupun sekolah dalam menciptakan pembelajaran yang berdiferensiasi.
Downloads
References
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 4(4), 1201–1211.
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1). 1631-1638.
Gray, R. (2020). Comparing the constraints led approach, differential learning and prescriptive instruction for training opposite-field hitting in baseball. Psychology of Sport & Exercise. 51(3). 101797.
Hockett, J. (2018). Differentiation Handbook: Strategies and Examples: Grades 6–12. The Tennessee Department of Education.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa. 16(1). 44–48.
Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics. 1(2). 53–59.
Kurniati, A., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 5(1). 87–103.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(3). 257-264.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Sari, S. Wulan, et. al. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Tambusai. (7)1. 2021-2023.
Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif. 7(1). 48–54.
Sutaga, I. W. (2022). Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi. 8(9). 58-65.
Yulianci, S., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa. 10(1). 40-44.
Zelllatiifanny, C. M., et. al. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom. 1(2). 83-89.