Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Herni Susanti Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Willy Winarsih SDN 013 Tana Tidung
  • Nurmi Nurmi SDN 012 Tana Tidung
Keywords: Hasil Belajar, Role Playing, IPAS

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas V-C SDN 013 Tana Tidung, Kabupaten Tana Tidung tahun pelajaran 2023/2024 dengan menerapkan metode  pembelajaran role playing atau bermain peran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V-C SDN 013 Tana Tidung. Tujuan Penelitian ini dilakukan guna untuk melihat kondisi pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik sekolah dasar kelas V saat ini dengan menggunakan kurikulum merdeka, sehingga proses pembelajaran mengalami perubahan. Dengan diterapkanya kurikulum merdeka saat ini membuat proses pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar dan minat belajar peserta didik. Melihat kondisi peserta didik yang masih kebingungan akan proses pembelajaran, dan berpengaruh pada hasil belajar serta minat belajar peserta didik yang kurang, maka penulis membuat sebuah penelitian tindakan kelas dengan memberikan pembelajaran dengan metode role playing dengan tujuan memberikan gaya belajar yang baru pada peserta didik dan meningkatkan hasil belajar sesuai dengan capaian pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan motode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan tes, dan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan teknik deskriptif kuantitatif. Dengan berjalannya penelitian ini selama dua siklus dengan metode pembelajaran yang sama dengan subyek peserta didik kelas V-C yang berjumlah 21 peserta didik diperoleh hasil kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan metode role playing kepada peserta didik kelas V-C mengalami peningkatan pada minat belajar dan hasil belajar pada peserta didik sebanyak 41%, yang dapat diketahui lewat pretest maupun postest serta wawancara pada saat akhir pembelajaran berlangsung. Dengan dilaksanakannya penelitian ini membuat guru kelas juga merasa terbantu akan proses pembelajaran yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar, R. S., & Fahmi, I. N. (2019). Role Playing dalam Peningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Febrianto, J., Fendiyanto, P., Suriaty, S., & Kukuh, K. (2023). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 3, pp. 204-210).
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197-206.
Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275-7280.
Suryadi (2019). Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN 1 Labuan.
Tagupia, J. K., Mogot, A. M., & Kaunang, M. J. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Freire Elementary Education Journal, 1(02), 30-36.
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253-261.
Published
2023-12-30
How to Cite
Susanti, H., Winarsih, W., & Nurmi, N. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 219-223. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3100
Section
Articles