Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pemhaman Konsep Peserta Didik

  • Etty Dwi Lestari Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Safrulloh Hadi Saleh Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
  • Yuliana Yuliana SDN 007 Samarinda Kota
Keywords: Media Pembelajaran, Phet Simulation, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran digital PhET Simulation dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi persamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Samarinda yang ditentukan berlandaskan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media website PhET Simulation dapat membantu peserta didik dalam memberikan pemahaman konsep materi persamaan linear satu variabel sehingga menciptakan proses pembelajaran menjadi efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifillah, A. (2020). Pengaruh Media Powtoon Melalui E-Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI Al-Ihsan Pamulang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780.
Hardini. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Ilmu
Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara
Kania, N. (2018). Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 2(2).
Kurniawan, E. (2012). Perbedaan Metode Brain Based Learning terhadap Capaian Prestasi Akademik dan Retensi Pengetahuan Siswa pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis miskonsepsi peserta didik kelas V-B Min Buduran Sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish
Marbun, B. T., Rosanti, D. A., & Nafariahartini, Y. P. (2022). Penggunaan Web PhET Colorado Untuk Membantu Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 1055-1066)
Nasriadi, A. (2016). Representasi persamaan linear satu variabel menggunakan alat peraga model cangkir dan ubin pada siswa kelas VII SLTP. Numeracy, 3(2), 1-10.
Novianti, F., & Yuniata, T. N. H. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Maju, 5(1), 120–132.
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis powerpoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.
Sulistiawati, A., LY, T. D. P., Nursangadah, A., & Siskowati, E. (2022). Penerapan Simulasi PhET Pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SDN Trayu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 949-960.
Sylviani, S. dkk. (2020). PhET Simulation sebagai alat BAntu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia 2(1), 1-10.
Published
2023-12-30
How to Cite
Dwi Lestari, E., Hadi Saleh, S., Nurhadi, M., & Yuliana, Y. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pemhaman Konsep Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 212-218. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3097
Section
Articles