Analisis Kegiatan P5 Sebagai Penerapan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

  • Asmita Yati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Junefra DP Telnoni Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ridha Nabila Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Evie Palenewen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Suriati Suriati SDN 008 Samarinda Ulu
Keywords: Kurikulum Merdeka, Kegiatan P5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kegiatan P5 dengan menggunakan berbagai indikator sebagai sarana penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka SD 008 Samarinda Ulu di era digital. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya menggunakan metode penelitian deskriptif. Partisipan penelitian antara lain wakil kepala sekolah yang bertanggung jawab bidang akademik, instruktur yang membidangi kegiatan P5, dan tiga orang peserta didik yang dipilih melalui prosedur purposive sampling untuk dijadikan sebagai pelaku kegiatan P5. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui prosedur pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara.. Menurut temuan penelitian ini adalah, kegiatan P5 merupakan salah satu contoh pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Untuk meningkatkan kinerja dan pemahaman peserta didik, tujuan kegiatan P5 adalah menyelesaikan proyek yang selaras dengan Profil Pembelajaran Pancasila. Permasalahan P5 pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian kegiatan, dan dilanjutkan dengan penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan hingga kegiatan dilanjutkan dengan struktur dasar yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3, 95-101.
Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Digitalisasi Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 17–29. http://www.jurnaledukasia.org/index. php/edukasia/article/view/62
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (Juli de 2022). Buku Pedoman Guru : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Obtenido de Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/https://doi.org/10.310 04/edukatif.v4i4.3139
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563.
Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Peserta didik Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plus Minus Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255–264
Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i 5.3617
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.
Published
2023-12-30
How to Cite
Yati, A., DP Telnoni, J., Nabila, R., Palenewen, E., & Suriati, S. (2023). Analisis Kegiatan P5 Sebagai Penerapan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 203-206. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3095
Section
Articles