Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi PjBL, PBL, dan Kooperatif Materi Pewarisan Sifat Menurut Hukum Mendel

  • Sarfin Datuarruan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Djumroh Rosifah SMA Negeri 3 Samarinda
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Adaptasi, Numerasi, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi terkait konsep pewarisan sifat menurut hukum Mendel pada peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Nosu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 NOSU  yang berjumlah 22 peserta didik. pengumpulan data menggunakan asesmen formatif proses lembar observasi untuk penilain dalam proses pembelajaran terkait numerasi. Penilaian hasil menggunakan assemen formatif essay yang berisi soal yang terkait dengan kemampuan numerasi . Pada siklus pertama peserta didik sudah mencapai 60 % dari hasil asesmen yang berbasis numerasi, sedangkan pada pembelajaran yang dilakukan pada siklus ke 2 peserta didik mengalami peningkatan dari siklus pertama dimana pencapaian yang diperoleh pada siklus dua yaitu sekitar 85% sesuai dengan harapan yang pendidik harapkan. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model adaptasi PjBL, PBL dan Kooperatif dalam kemampuan numerasi peserta didik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran dimana dari siklus satu ke siklus 2 menghasilkan kenaikan sekitar 25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, L., Diana, S., & Hidayat, T. (2022). Analisis Kemampuan numerasi siswa pada materi genetika berdasarkan asesmen kompetensi minimum (AKM). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(2), 100-105. https://doi.org/10.17509/aijbe.v5i2.49709
Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan media sosial sebagai alternatif media pembelajaran berbasis literasi digital yang interaktif dan kekinian. In Seminar Nasional SAGA# 3 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 1, pp. 242–246). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
astaviana, Dina Octora, Sutejo Sutejo, Nyoto Suseno, Friska Octavia Rosa, & Eko Prihandono. 2022. "Problem Based Learning (PBL) Mode Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Elastisitas di SMA Negeri 1 Metro". Jurnal Pendidikan Fisika 10(1):87–102.
ayat Suharyat, Ichsan Ichsan, Erwinsyah Satria, Tomi Apra Santosa, Khodzijah Nur Amalia, Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Abad-21 Siswa Dalam Pembelajaran IPA , Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK): Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Bariyah, I. L. N., & Sugandi, M. K. (2022). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 135-144. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/791.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Jumarniati, Kartika, & Baharuddin. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata kuliah program linear melalui lesson study. MaPan 6(2):187–98.
Published
2023-12-30
How to Cite
Datuarruan, S., Tindangen, M., Rosifah, D., & Fendiyanto, P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi PjBL, PBL, dan Kooperatif Materi Pewarisan Sifat Menurut Hukum Mendel . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 197-202. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3094
Section
Articles