Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Susana Ines Ritan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yunita Ainur Rizkiah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Zintia Tarukallo Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yusak Hudiyono Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Mulawarman
  • Dwi Oktaviani SMA Negeri 2 Samarinda
Keywords: Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar melalui model pembelajaran project based learning mata pelajar Bahasa Indonesia pada peserta didik di SMAN 2 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Sampel penelitian ini kelas X-F yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa model project based learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menyenangkan dan membuat lebih aktif. Oleh karena  itu, PjBL dinilai efektif meningkatkan keterampilan psikomotorik dan berpikir kritis pada peserta didik. Selain itu, model ini memberikan pengalaman bermakna dan memacu kreativitas peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angreani dan Siti. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). unesa.ac.id
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Nisa, K. N., Farida, Januar, S., Henry, & Agus, J. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4831/3121
Santoso, P. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/download/10707/8384
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 75-81).
Wena, M. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontomporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-12-30
How to Cite
Ines Ritan, S., Ainur Rizkiah, Y., Tarukallo, Z., Hudiyono, Y., & Oktaviani, D. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 187-190. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3091
Section
Articles