Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3091Keywords:
Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar melalui model pembelajaran project based learning mata pelajar Bahasa Indonesia pada peserta didik di SMAN 2 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Sampel penelitian ini kelas X-F yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa model project based learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menyenangkan dan membuat lebih aktif. Oleh karena itu, PjBL dinilai efektif meningkatkan keterampilan psikomotorik dan berpikir kritis pada peserta didik. Selain itu, model ini memberikan pengalaman bermakna dan memacu kreativitas peserta didik.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Nisa, K. N., Farida, Januar, S., Henry, & Agus, J. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4831/3121
Santoso, P. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/download/10707/8384
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 75-81).
Wena, M. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontomporer. Jakarta: Bumi Aksara.