Efektivitas Media Pembelajaran Canva Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Poster

  • Artha Sagala Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Rita Auliah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Sukmaniar Zulhijjah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Istanti Hermagustiana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mulawarman
  • Iwan Noviar SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Bahasa Indonesia, Efektivitas, Media Canva, Poster

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran canva pada mata pelajaran bahasa Indonesia, materi poster. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner atau angket bentuk checklis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif, analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data hasil penilaian kelayakan dengan perhitungan rata-rata. Teknik analisis data dilakukan untuk memperoleh kelayakan dari media pembelajaran yaitu keefektifan belajar menggunakan media canva. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, peseta didik memberikan respon penilaian yang melampaui terhadap media pembelajaran canva dengan rata rata presentase skor sebesar 78,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384- 2394.
Mila, N., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 181-188.
Sulistiyowati, S., & Fajrie, N. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bakaran Wetan 03 Pati. Journal on Education, 5(3), 5883-5891.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.
Published
2023-12-30
How to Cite
Sagala, A., Auliah, R., Zulhijjah, S., Hermagustiana, I., & Noviar, I. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Canva Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Poster. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 181-186. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3090
Section
Articles