Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila (P3) Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Samarinda Kota

  • Adinda Miftakhul Solehah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Abduh Abduh Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mohammad Ilyas Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman
  • Muginarni Muginarni SDN 008 Samarinda Kota
Keywords: Model Kooperatif, STAD, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menguatkan Profil Pelajar Pancasila (P3) pada peserta didik kelas IV SDN 008 Samarinda Kota. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualititatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-C SDN 008 Samarinda Kota yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data menggunakan  angket dan observasi. Berdasarkan hasil observasi dan angket menunjukkan terdapat 5 dimensi Profil Pelajar Pancasila yang muncul yaitu mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model STAD terlihat bahwa terdapat 86% peserta didik yang menunjukan aspek kemandirian, terdapat 82% yang menunjukan aspek berkebhinekaan global, terdapat 89% peserta didik yang menunjukan aspek gotong royong, terdapat 89% peserta didik yang menunjukan aspek bernalar kritis, dan terdapat 93% peserta didik yang menunjukan aspek kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, dkk. (2023). Analisis Media Paranghu Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila (P5) Siswa Kelas. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 09(02), 5104-5112.
Fadhilah, U., Azizah, M., Roshayanti, F., & Handayani, S. (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4435-4440.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Suarbawa, I Putu. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 2(01), 57-64.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok. Rajawali Pers.
Wahyuni, dkk. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tematik DIKDAS. 8(1), 31-39.
Wulandari, Innayah. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda. 4(1), 17-23.
Published
2023-12-30
How to Cite
Miftakhul Solehah, A., Abduh, A., Ilyas, M., & Muginarni, M. (2023). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila (P3) Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Samarinda Kota. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 173-180. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3087
Section
Articles