Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila (P3) Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Samarinda Kota
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menguatkan Profil Pelajar Pancasila (P3) pada peserta didik kelas IV SDN 008 Samarinda Kota. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualititatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-C SDN 008 Samarinda Kota yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil observasi dan angket menunjukkan terdapat 5 dimensi Profil Pelajar Pancasila yang muncul yaitu mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model STAD terlihat bahwa terdapat 86% peserta didik yang menunjukan aspek kemandirian, terdapat 82% yang menunjukan aspek berkebhinekaan global, terdapat 89% peserta didik yang menunjukan aspek gotong royong, terdapat 89% peserta didik yang menunjukan aspek bernalar kritis, dan terdapat 93% peserta didik yang menunjukan aspek kreatif.
Downloads
References
Fadhilah, U., Azizah, M., Roshayanti, F., & Handayani, S. (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4435-4440.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Suarbawa, I Putu. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 2(01), 57-64.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok. Rajawali Pers.
Wahyuni, dkk. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tematik DIKDAS. 8(1), 31-39.
Wulandari, Innayah. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda. 4(1), 17-23.