Pemanfaatan LKPD Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Dengan Materi Gangguan Pada Sistem Pernapasan Manusia dan Upaya Untuk Mencegah Pada Kelas XI di SMAN 1 Bongan Kutai Barat

  • Oktavianus Tae Bria Nekin Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Djumroh Rosifah SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Literasi, Numerasi, LKPD, Pernapasan Manusia

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dengan materi gangguan pada sistem pernapasan manusia dan upaya untuk mencegah pada kelas XI di SMAN 1 Bongan kutai barat. Penelitian ini bertujuan untuk Pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dengan materi gangguan pada sistem pernapasan manusia dan upaya untuk mencegah strategi model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan Kooperati. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Bongan yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 75,8 dan  ketuntasan belajar 86,7% terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 96,2 dan  ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif menggunakan E-LKPD b meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Bongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bena Septariama Simatupang, dkk., 2022. Analisis Latar Belakang Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas X-I SMAN 2 Samarinda. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022.
Febrianto, J., Fendiyanto, P., Suriaty, S., & Kukuh, K. (2023, July). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 3, pp. 204-210).
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Fitria, Ade, dkk., (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Tabel Periodik Unsur. Universitas Negeri Makassar: Pendidikan Kimia
Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., & Miranda, L. L. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5249.
Husnul Hotimah, 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jember. Jurnal Edukasi 2020, VII.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Kemendikbud.
Mayudana, I K. Y. & Sukendra, I K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development,1(1), 61-68. http://dx.doi.org/ 10.5281/zenodo.3760682.
Miftah, Rika Nurul, and Rini Setyaningsih. "Pengembangan LKPD berbasis asesmen kompetensi minimuM (AKM) pada materi geometri untuk meningkatkan kemampuan literasi numERASI." AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11.3 (2022): 2199-2208.
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847
Rahma Wanti Buana Putri, dkk (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. Universitas Negeri Semarang, Semarang. Seminar Nasional IPA XIII.
Published
2023-12-30
How to Cite
Tae Bria Nekin, O., Tindangen, M., & Rosifah, D. (2023). Pemanfaatan LKPD Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Dengan Materi Gangguan Pada Sistem Pernapasan Manusia dan Upaya Untuk Mencegah Pada Kelas XI di SMAN 1 Bongan Kutai Barat. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 160-172. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3086
Section
Articles