Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menguatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3083Keywords:
Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi, Kewarganegaraan, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif dan literasi kewarganegaraan peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas peserta didik kelas IV SDN 008 yang berjumlah 28 peserta didik. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam penelitian ini adalah diferensiasi produk. Hasil angket kemampuan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan persentase 92,6% dan literasi kewarganegaraan dengan persentase 88,57%. Melalui implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi produk, peserta didik dapat membuat produk pembelajaran dengan baik sesuai dengan minat dan bakatnya. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menguatkan kemampuan berpikir kreatif dan literasi kewarganegaraan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Downloads
References
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Handayani, Rima, and Dwi Wulandari. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama 8 (1): 13.
Hasibuan, Ahmad Tarmizi, and Andi Prastowo. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 10 (1).
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2):123–140.
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224–232.
Marlina. (2019). Buku Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: PLB FIP UNP.
Palupi, A. N., dkk. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246.
Saputra, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Artikel, Universitas Terbuka. Retrieved from https://www.researchgate.net/publica tion/326682090.
Syukur, Y. & Andri Mangestiwi. (2021). Pembelajaran Literasi Budaya dan Kewargaan Berbasis Proyek di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning untuk Mengeksplorasi Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285-293.