Buku Digital Sebagai Media Pembelajaran

  • Fitriya Selviani Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Buku Digital, Media Pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menentukan setiap kegiatan yang kita lakukan saat ini, maka dari itu penulis menganalisis media pembelajaran yang menggunakan media teknologi, tujuannya untuk mengetahui bagaimana hasil dari media teknologi berupa buku digital jika dijadikan media pembelaharan. Penulisan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka dengan teknik analisis data berupa analisis isi dan hasil dari penelitian yang sudah di publikasikan. Hasil dari penelitian studi pustaka ini yaitu buku digital memang sudah banyak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan minat peserta didik dalam literasi baca tulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirul, dan Haryono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. 1998
Br, Purba, W.R.D dan Lubis, M.J. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Fizzo Novel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Cendikia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan . Vol. 3. No. 4 November 2023.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
M. Alfan dan Cahyo. Pemanfaatan Aplikasi Fizzo Novel Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di SMA. Jurnal Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring). Vol. 2. No. 1. Bojonegoro; IKIP PGRI Bojonegoro. 2022.
Moto, M.M. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Indonesia Journal Of Primary Education, 3(1), 20-28.
Nurgiyantoro, B. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE. 2016.
Pupuh dan M. Sobry. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama. 2009.
Putri, N.N dan Rukiyah, Siti. Keefektifan Media Wattpad Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Setia Darma Palembang. Jurnal KREDO: No. 23/E/KPT/2019. 08 Agustus 2019
Putri, R. A. Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Makasar. 2-26. 2019.
Putri, R.A. Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Dalam Memotivasi Siswa Untuk Menulis Cerita. Jurnal Interaksi. Vol. 3. No. 1. Edisi Januari 2019.
Sardiman, A.M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Jarawali Pers. 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2022.
Sukriadi, Imron. Penggunaan Media Pembelajaran Wattpad Dalam Keterampilan Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMK Prima Ungul Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2020.
Tarigan, H.G. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 2008.
Yusuf, Muhamad. Penggunaan Aplikasi Fizzo Novel Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Novel Siswa SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2023.
Published
2023-12-30
How to Cite
Selviani, F., & Fendiyanto, P. (2023). Buku Digital Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 144-147. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3080
Section
Articles