Pengaruh Degradasi Moral Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3078Keywords:
Degredasi Moral, Prestasi Belajar, Peserta DidikAbstract
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah bentuk studi kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 30 dengan sampel penelitian adalah populasi itu sendiri sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena peneliti merasa tertantang dengan pendekatan ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tiga rumus yaitu rumus persentase, rumus korelasi product moment dan analisis indeks determinan. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh rhitung = 0,730 dengan signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara degradasi moral terhadap prestasi belajar dan masuk dalam kategori kuat dengan persentase sebesar 53%.
Downloads
References
Ibnu, M.A. (2021). Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli. [Online]. Tersedia di tirto.id. Diakses 22 September 2022
Johannes, N. ( 2019 ). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Siswa Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia di koranbogor.com. Diakses 13 Desember 2021
Juriyanto, M. (2020). Hukum Memanggil Orang Lain dengan Nama Hewan. [Online]. Tersedia di bincangsyariah.com. Diakses 19 Agustus 2022
Mistar, H. (2020). Sadis, Anak Tega Bunuh Ibu Kandung Di Tanjung Morawa. [Online]. Tersedia di mistar.id. Diakses 21 Oktober 2021
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Penerbit Gajah Mada University Pers.
Pratiwi, M. ( 2020 ). Analisis Kontrol Diri Siswa Pada Kelas X SMK Negeri 03 Pontianak. Skripsi Pada Universitas Tanjungpura.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Sudrajat, A & Setiarsih, A. ( 2017). Analisis Bahasa Dialek Vulgar dan Slang pada Penulisan Status Facebook Siswa SMA yang Bergabung Dengan Facebook Anita Setiarsih. Jurnal Pendiidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.10. Hal 3.
Sugiyono. ( 2019 ). Metode Penelitian Kantitatif. Penerbit Alfabeta
Warsadi. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia: Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol.2. Hal 269.