Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif

  • Eka Putri Mardianty Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Djumroh Rosifah SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Kooperatif, Model Adaptasi, Numerasi, Project Based Learning, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mempertimbangkan model pembelajaran yang adaptif dan kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-8 SMA Negeri 1 Tenggarong yang berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan asesmen formatif proses lembar observasi untuk penilain dalam proses pembelajaran terkait numerasi. Penilaian hasil menggunakan assemen formatif essay yang berisi soal yang terkait dengan kemampuan numerasi. Pada siklus pertama peserta didik sudah mencapai 82 % dari hasil asesmen yang berbasis numerasi, sedangkan pada pembelajaran yang dilakukan pada siklus ke 2 peserta didik mengalami peningkatan dari siklus pertama dimana pencapaian yang diperoleh pada siklus dua yaitu sekitar 97% sesuai dengan harapan yang pendidik harapkan. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), dan kooperatif dalam kemampuan numerasi peserta didik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran dimana peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito,A (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ayuningtyas, N. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru.
Hardika Saputra, (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Wulandari, S. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Rasa Toleransi Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 6 – No. 1, year (2022), page 981-987
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2023-12-30
How to Cite
Putri Mardianty, E., Tindangen, M., Fendiyanto, P., & Rosifah, D. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 136-139. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3076
Section
Articles