Pemantapan Aplikasi Game Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII-2 di SMP Negeri 4 Samarinda

  • Anis Latifah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Alpriani Ratu Lia Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Alamsyah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Putri Askia Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Noor Laili SMP Negeri 4 Samarinda
Keywords: Aplikasi Game, Motivasi Belajar, Wordwall

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu hal yang perlu dibangun dalam diri peserta didik untuk keberhasilan pembelajaran.. Faktanya minat belajar peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 4 Samarinda masih perlu ditingkatkan. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya untuk menciptakan suatu pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan minat belajar  melalui pemanfaatan media wordwall dalam pembelajaran. PTK dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media games edukasi wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas  VII-2 SMP Negeri 4 Samarinda ditunjukkan dengan peningkatan presentase pemenuhan indikator minat belajar peserta didik. Peningkatan minat belajar peserta didik dapat dilihat berdasarkan hasil analisis lembar observasi yang memperoleh presentase 78% masuk dalam kategori baik pada siklus I, 83,6% pada siklus II masuk kategori sangat baik, dan 91% pada siklus III masuk dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780.
Malewa, E. S., & Muh, A. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru. EDUCANDUM, 9(1), 22–30.
Mu’minah, I. H., & Arif Gaffar, A. (2020). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan, 4(2), 800 -816.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal of Social Science Research, 552, 552–560.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.
Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter, 1(5), 452–457.
Rukiyah. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak dengan Menggunakan Media Audio Visual di RA An-Najah Kecamatan Sei Bamban. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Setyorini, D., Suneki, S., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31.
Published
2023-12-30
How to Cite
Latifah, A., Ratu Lia, A., Alamsyah, M., Askia, P., & Laili, N. (2023). Pemantapan Aplikasi Game Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII-2 di SMP Negeri 4 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 128-135. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3074
Section
Articles