Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII-C Pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 5 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3073Keywords:
Gaya Belajar, Pembelajaran PPKNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum gaya belajar peserta didik. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam (depth interview) menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-C SMP Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil angket dan observasi menunjukkan bahwa 50% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, 29,4 % gaya belajar auditori, dan 20,6% gaya belajar kinestetik.
Downloads
References
Aisyah, S. (2019). Gaya Belajar Santriwati The Best Ten Di Marhalah Aliyah Putri Al-Amien Prenduan Sumenep. Journal of Islamic Studies.
Bobbi, D., & Mike, H. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Cahyani, I. (2019) Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran
Farhana, dkk,. (2022). Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Media Manipulatif Matematika di Sekolah Dasar.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hamzah, B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Mawarni, Aprillia (2022). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Negeri 10 Palembang
Mufidah, L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).