Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII-C Pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 5 Samarinda

Authors

  • Annabba Putri Nabila Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mita Ilana Putri Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Riska Reskia Utami Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Milda Souleh Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Reza Reza SMP Negeri 5 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3073

Keywords:

Gaya Belajar, Pembelajaran PPKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum gaya belajar peserta didik. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam (depth interview) menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-C SMP Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil angket dan observasi menunjukkan bahwa 50% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, 29,4 % gaya belajar auditori, dan 20,6% gaya belajar kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, F. (2022). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama.
Aisyah, S. (2019). Gaya Belajar Santriwati The Best Ten Di Marhalah Aliyah Putri Al-Amien Prenduan Sumenep. Journal of Islamic Studies.
Bobbi, D., & Mike, H. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Cahyani, I. (2019) Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran
Farhana, dkk,. (2022). Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Media Manipulatif Matematika di Sekolah Dasar.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hamzah, B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Mawarni, Aprillia (2022). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Negeri 10 Palembang
Mufidah, L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Putri Nabila, A., Ilana Putri, M., Reskia Utami, R., Souleh, M., & Reza, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII-C Pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 5 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 123–127. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3073