Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI-7 SMA Negeri 1 Samarinda

  • Inne Marissa Aryanti Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Herdita Nor Wanda Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Sinangkung Rohmat Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yuni Utami Asih Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Mulawarman
  • Syawal Arifin SMA Negeri 1 Samarinda
Keywords: Analisis, Gaya Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Salah satu kunci bagi peserta didik dalam mengikuti proses pendidikan dengan baik dan benar adalah dengan cara mengetaui gaya belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan makalah ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Artikel ini bertujuan untuk mengilustrasikan gaya belajar peserta didik terhadap pembelajaran. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan gaya belajar peserta didik di kelas XI-7. Gaya belajar siswa kelas XI-7 dibagi menjadi tiga golongan, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Cheng, L., Ritzhaupt, A. D., & Antonenko, P. (2019). Efects of the Fipped Classroom Instructional Strategy on Students’ Learning Outcomes: A Meta-Analysis. Education Tech Research Dev, 793–824.
Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental Engagement on Children Character Education: the Influences of Positive Parenting and Agreeableness Mediated By Religiosity. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444.
Hamna, & BK, M. K. U. (2022). Dilematism: Principal’s Managerial Strategies in Realizing the Covid-19 Vaccination Program in Elementary School. Jurnal Madako Education, 8(1), 70–79.
Hariyadi, A. & Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.
Kurniati, A., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 87–103.
Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Audiotori dalam Pandangan Filsafat. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 6(2), 255-270.
Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Audiotori dalam Pandangan Filsafat. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 6(2), 255-270.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022, December). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Rahma, Indah Fitriah & Nilam Cahya Ritonga. (2021). Analisis Gaya Belajar VAK Pada Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76-86.
Siregar, A. K., & Fitri, D. (2022). Pemilihan Gaya Belajar SMAN 1 Kota Pinang. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 25-31.
Published
2023-12-30
How to Cite
Marissa Aryanti, I., Nor Wanda, H., Rohmat, S., Utami Asih, Y., & Arifin, S. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI-7 SMA Negeri 1 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 119-122. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3068
Section
Articles