Analisis Level Kemampuan Argumentasi Secara Tertulis Siswa SMP Negeri 11 Samarinda Pada Materi Pencemaran Lingkungan

  • Ika Desi Asriyani Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Masitah Masitah Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Ruqoyyah Nasution Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
Keywords: Analisis, Argumentasi, Kemampuan, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan siswa dalam beragumentasi secara tertulis pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, responden yang digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII sebanyak 180 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan argumentasi dengan materi pencemaran lingkungan. Soal tersebut berjumlah 5 soal dalam bentuk uraian yang kemudian jawaban dari soal tersebut dianalisis menggunakan Toulmin Argumentastion Pattern (TAP). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari interpretasi data kualitas level argumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan prosentase level kemampuan argumentasi siswa 100% sudah mampu memberi claim, 90,5% data, 24,4% warrant, 10% backing, 3,8% rebuttal  hal ini menunjukan bahwa kemampuan argumentasi siswa secara tertulis dengan kriteria sangat baik berada di level 1 dan 2, untuk level lebih tinggi perlu ditingkatkan lagi pengalaman belajar, kemampuan kebahasaan dan pemahaman konsep siswa pada meteri pencemaran lingkungan. Kemampuan argumentasi dapat ditingkatkan dengan menambah pengalaman siswa untuk berlatih berargumen melalui pembelajaran yang lebih memfasilitasi siswa mengemukakan pendapat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dawson, V. & Venville, G.J. 2019. High School Student’s Informal Reasoning and Argumentations about Sosio-scirntific Issues. International Journal of Science Education, 30 (1VII).
Devi, N. D. C., Susanti VH, E., & Indriyanti, N. Y. (201VIII). Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia). 3(3). 141.
Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. 2004. TAPping into Argumentation: Developments in The Application of Toulmin’s Argument Pattern for Studying Science Discourse. Science Education, VIIIVIII, 915-933.
Faiqoh, N., Khasanah, N., Astuti, L. P., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. 201VIII. Profil keterampilan argumentasi siswa kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada materi keanekaragaman hayati. Jurnal Pendidikan Biologi. VII(3). 1VII4-1VIII2.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Firmansyah. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pecahan Kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga. Universitas Miuhamadiyah Makassar:Progam Studi Pendidikan Matematik.
Foong, C. C., & Daniel, E. G. S. 2010. Assessing student’s arguments made in socio-scientific contexts: The considerations of structural complexity and the depth of content knowledge. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1120–112VII.
Noer, H. A., Setiono, S., & Pauzi, R. Y. 2020. Profil Kemampuan Argumentasi Siswa Smp Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2).
Novitasari, Rizki Dwii Puspitawati, R. P., & Yakub, P. 2019. keterlaksanaan Dan Keefektifan Model Collaborative Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Melatih Keterampilan Beragumentasi Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, VIII(3), 19VIII–202.
Jimenez-Aleixandre, M. P., Rodrigues, A. B., & Duschl, R. A. 2000. “Doing the lesson”or “Doing science”: Argument in High School Genetics. Science Education, VIII4(6), VII5VII- VII92.
Kelly, G. J., Druker, S., & Chen, C. 199VIII. Students’ reasoning about Electricity: Combining Performance Assessment with Argumentation Analysis. International Journal of Science Education, 20(VII), VIII49- VIIIVII1.
Kelly, G. J., & Takao, A. 2002 Epistemic Levels in Argument: An Analiysis of University oceanography students’ use of evidence in writing. Science Education, VIII6(3), 314-342
Lawson, A. 2003. The Nature and Development of Hypothetico -Deductive Argumentation with Implication for Science Learning. International Journal of Science Education, 25(11), 13VIIVIII-140VIII.
Lulu’Atul Farida, L. F., Undang Rosidin, U. R., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argumentdriven Inquiry (Adi) Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa Smp Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Physics and Science Learning, 2(2), 25-36.
Osborne, J., Erduran, S., & Simon, S. (2004). Enhancing the Quality of Argumentation in School Science. Journal of Research in Science Teaching, 41 (10), 994–1020.
Sandoval, W. 2003. Conceptual and Epistemic Aspects of Students’ scientific Explanation. Journal of the Learning Sciences, 12(1), 5-51.
Sandoval, W. & Millwood, K. 2005. The Quality of Students use of Evidence in Written Scientific Explanation. Cognition & Instruction, 23(1), 23-55.
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022, December). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 75-81).
Takao, A., & Kelly, G. 2003. Assessment of Evidence in University Students’ scientific Writing. Science & Education, 12(4), 341- 363.
Zohar A., & Nemet, F. 2002. Fostering Students’ Knowledge and Argumentation Skills Trough Dillemas in Human genetics. Journal of Research in Science Teaching, 39(1), 35-62.
Published
2023-12-30
How to Cite
Desi Asriyani, I., Masitah, M., & Nasution, R. (2023). Analisis Level Kemampuan Argumentasi Secara Tertulis Siswa SMP Negeri 11 Samarinda Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 111-118. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3067
Section
Articles