Pengaruh Kreativitas Mengajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa

  • Hafifah Agustina Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Elsje Theodora Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Evie Palenewen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Kreativitas Mengajar, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru Biologi pada materi sistem reproduksi manusia terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kelas eksperimen yakni  kelas  XI MIPA 2 dan kelas kontrol yakni kelas XI MIPA 1. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru Biologi pada materi sistem reproduksi manusia terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyana, G. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar Hipotetis Deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 45 No. 3, pp 201-209.
Caesar, T. (2014). Kreativitas Guru SD dan Kurikulum Dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Mahasiswa Sosiologi. Vol. 9 No. 2, pp. 7.
Daud., dkk,. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2, pp. 30-34
Fauzi, M. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 6 No. 2, pp. 34
Febrianti, dkk,. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe-Group Investigation (Gi) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 8 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol. 2 No. 1, pp. 11
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH). Vol. 1 No. 2, pp. 90
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Ghofur, A., Durrotun, N., Eryadini, N. (2016). Gaya Belajar Dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Journal An-nafs. Vol. 1 No. 2, pp 166–84
Hamdani, dkk,. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 16 No. 1, pp 139-145
Herliani. (2016). Penggunaan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick on the Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Biologi SMA. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 13 No. 1, pp. 233
Kartimi, L. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis Pada Konsep Termokimia Untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.Vol. 1 No. 1, pp. 22.
Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan; Perdana Publishing
Krismawati, Y. (2014). Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Vol. 2 No. 1, pp. 49-50. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/download/20/21
Lestari, dkk,. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan LKPD terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol. 5 No. 2, pp. 216
Magta, Mutiara. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 7 No. 2, pp 221-232
Mahmud, dkk,. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 8 No. 2, pp. 779
Monawati, & Fauzi. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 6 No. 2, pp. 36 - 40.
Mustika, A. (2017). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol. 11 No. 2, pp 226 – 223.
Putri, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No. 4, pp 29
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3 No. 2, pp. 265-266. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/ view/1923/1574
Rahardhian, A. (2021). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 5 No. 2, pp. 87
Rohani, A. (2011). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulastri, dkk. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol 3. No. 1, pp. 92-93
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat Volume. Vol. 3 No. 2, pp. 41-42
Tasyari, dkk,. (2021). Identifikasi Media Pembelajaran Pada Materi Biologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 6 No. 1, pp. 5.
Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Cet. XXIII; Bandung: Remaja Rosdakarya
Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Sains Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia di Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Published
2023-12-30
How to Cite
Agustina, H., Theodora, E., Palenewen, E., & Fendiyanto, P. (2023). Pengaruh Kreativitas Mengajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 102-110. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3066
Section
Articles